Begini Nasib TKN Pasca Dibubarkan Jokowi Mantan Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Usman Kansong (Dok Pribadi)

MerahPutih.Com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf resmi dibubarkan. Namun, aktivitas mereka tak sepenuhnya selesai.

Nantinya, akan ada dibentuk kelompok kerja untuk menggantikan tugas-tugas TKN hingga bulan Oktober mendatang.

Baca Juga: Besok, TKN Jokowi-Ma'ruf Resmi Dibubarkan

Eks Wakil Direktur Komunikasi TKN Usman Kansong menilai, nama pengganti TKN itu belum tentu disebut Sekber.

"Akan dibentuk entah namanya Sekber, entah namanya Tim Kerja Nasional, entah namanya juru bicara koalisi, itu akan dibicarakan oleh para sekjen," kata Usman kepada wartawan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7).

TKN Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong
Eks Direktur Komunikasi Politik Tim Kampenye Nasional (TKN) Usman Kansong (kiri). (MP/Fadli)

Tugas dari sekber tersebut nantinya di antaranya menjawab pertanyaan media seputar koalisi Jokowi-Ma'ruf.

"Minimal sampai Oktober nanti tim itu bekerja," imbuhnya.

Menurut Usman, sudah ada pembicaraan terkait pembentukan tim yang menggantikan tugas TKN di antara para sekjen partai koalisi. Para sekjen akan memutuskan nama tim pengganti TKN tersebut.

"Ya sudah ada pembicaraan lepas begitu. Nanti para sekjen akan rapat, akan meeting, untuk menyusun apakah namanya sekber, setgab, atau juru bicara koalisi. Karena saya yakin akan ada pertanyaan dari masyarakat sampai Oktober. Misalnya terkait dengan koalisi, terkait dengan kabinet, begitu," jelasnya.

Usman menjelaskan, Jokowi tak menyebutkan siapa dan dari mana saja nama-nama calon menteri yang sudah dikantongi.

Baca Juga: Utamakan Transparansi, Begini Kondisi War Room TKN Jokowi-Ma'ruf

Ia mengungkapkan tiga syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo.

"Pak Jokowi menekankan beberapa persyaratan, misalnya punya kemampuan manajerial, punya kemampuan eksekusi yang cepat terhadap persoalan yang ketiga, berani," ujar Usman yang juga wartawan senior ini.

Jokowi, kata dia, juga berencana membuat tim kecil yang bertugas untuk menyeleksi kandidat yang tepat untuk menjadi menteri. Ia menerima semua masukan dari semua pihak terkait posisi menteri di kabinetnya nanti.

"Secara terbuka Pak Jokowi untuk menyampaikan (meminta usulan), tapi yang jelas akan ada tim kecil yang akan membahas hal itu," tutup Usman Kansong.(Knu)

Baca Juga: TKN Jokowi-Ma'ruf Amin Tampilkan Kampanye yang Dimaksud oleh SBY



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH