Begini Mudik Aman Ala Jasamarga Tips dari Jasamarga (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/asf/foc/15)

LIBUR panjang Lebaran akan segera tiba. Saat itu kita akan melihat masyarakat Indonesia melakukan tradisi tahunan yakni pulang kampung atau sering disebut mudik. Di tahun ini apakah kamu mudik menggunakan mobil pribadi?

Jika iya, pihak Jasamarga telah mengeluarkan buku panduan. Di dalamnya ada informasi detail tentang harga tol, peta pengoperasian rest area trans-Jawa, hingga beberapa informasi menarik soal kuliner dan destinasi wisata di setiap daerah.

Jasamarga juga membagikan tips aman saat berkendara, yang tentu sangat bermanfaat bagi kamu agar selamat hingga kampung halaman. Apa saja itu?

1. Cek kondisi ban

Cek kondisi ban (Sumber: Pixabay/HutchRock)
Cek kondisi ban (Sumber: Pixabay/HutchRock)

Tips pertama dari Jasamarga adalah melakukan pengecekan kondisi ban. Seperti yang diketahui, tekanan ban sangat mempengaruhi stabilitas kendaraan, terlebih jika kamu melakkan perjalanan jauh. Jangan sampai kamu mengalami kecelakaan karena tidak mengecek tekanan ban sebelum berangkat.

2. Cek saldo E-Toll

Petugas tol menunjukkan jenis-jenis kartu uang elektronik yang bisa digunakan sebagai e-Toll. Foto: MP
Petugas tol menunjukkan jenis-jenis kartu uang elektronik yang bisa digunakan sebagai e-Toll. Foto: MP

Pemerintah sudah menerapkan pembayaran tol melalui E-Toll. Oleh karena itu lebih baik kamu cek dulu saldo E-Toll milikmu sebelum berangkat mudik. Agar tidak bolak balik mengisi saldo, kamu bisa perhitungkan biaya tol yang harus dikeluarkan selama perjalanan.

3. Menaati rambu lalu lintas

Patuhi rambu lalu lintas (Sumber: Pixabay/auntmasako)
Patuhi rambu lalu lintas (Sumber: Pixabay/auntmasako)

Satu hal yang sepertinya sulit dihindari oleh para pemudik adalah kemacetan di beberapa titik. Dengan menaati rambu lalu lintas, setidaknya kamu tak akan membuat kemacetan semakin parah. Selain itu, taat terhadap peraturan di jalan juga membantumu terhindar dari kecelakaan.

4. Cek rest area dan bahan bakar

Rest area tol Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Foto: Youtube
Rest area tol Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Foto: Youtube

Kendaraan yang kamu pakai tentu membutuhkan bahan bakar. Nah, agar tidak kehabisan bahan bakar alangkah lebih baik kamu cek lokasi pengisian bahan bakar. Tak hanya itu, tubuhmu juga harus diistirahatkan agar tidak mengantuk saat berkendara. Di sepanjang rute trans-Jawa menuju Jakarta ada 21 rest area yang bisa kamu kunjungi.

Selain empat tips yang disebutkan di atas, Jasamarga juga meminta agar para pemudik tidak melakukan empat hal yakni bermain ponsel saat berkendara, membuang sampah sembarangan, berkendara saat mengantuk dan mengonsumsi minuman beralkohol.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH