Begini Kronologis Pesawat Super Decathlon Jatuh Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

MerahPutih.com - Pesawat aerobatik tipe Decathlon dengan nomor registrasi PK RTZ tipe pesawat BL 30 jatuh saat melakukan latihan untuk persiapan wisuda penerbangan Flying Scholl Genesha pada Selasa pukul 15.15 WIB, pilot Capt. MJ Hanafi dinyatakan meninggal dunia.

"Betul, telah terjadi kecelakaan pesawat terbang jenis Super Decathlon 8KCAB registrasi PK-RTZ yang terdaftar di PT Genesha Dirgantara," kata Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Mia Ermaya seperti dilansir Antara, Selasa (20/3) malam.

Ia menjelaskan kronologi kecelakaan, pesawat aerobatik melakukan latihan untuk persiapan wisuda penerbang Flying Scholl Genesha.

Setelah melakukan satu kali penerbangan latih, ketika melakukan manuver akrobatik berputar dengan nose (hidung) pesawat di bawah, terlihat tidak dapat melakukan recover kembali sehingga menabrak pesawat latih yang terparkir di apron dan pintu hanggar.

"Informasi diterima pilot pesawat meninggal dunia," katanya.

Operasional bandara sendiri, yaitu Bandara Tunggul Wulung Cilacap sudah tutup operasional jam 14.00 WIB dan sudah ada penerbitan Notice to Airmen (Notam) untuk perpanjangan jam operasi sampai dengan 16.00 WIB. (*)

Baca juga berita terkait di: Lakukan Manuver Aerobatik, Pesawat super Decathlon Jatuh


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH