Begini Kriteria untuk Masuk dalam Rekor MURI

Febrian AdiFebrian Adi - Minggu, 19 Februari 2023
Begini Kriteria untuk Masuk dalam Rekor MURI
Denny Darko berhasil mendapatkan rekor MURI terbaru. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

SENIMAN Denny Darko kembali memecahkan rekor untuk pembuatan kubus rubik terbanyak (1.705 rubik) di Indonesia melalui karyanya yang terpampang di tengah Main Atrium Gandaria City. Hal itu tentu merupakan salah satu misi dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk terus mendorong generasi muda dalam menciptakan karya-karya unik dan superlatif agar mampu memecahkan rekor.

“Pemberian rekor ini tentunya merupakan harapan akan lebih banyak seniman muda yang mampu menciptakan karya-karya superlative dan unik, sebagai salah satu aktivitas yang baik dilakukan saat ini,” ucap Direktur Marketing MURI Awan Rahargo di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (17/2).

Baca juga:

Mencoba Masuk ke Dunia Kuantum dari Film ‘Ant-Man and The Wasp: Quantumania’

Instalasi Denny Dargo yang meraih MURI. (Foto: Merahputih.com/Kamila)

Lebih lanjut, Awan mejelaskan MURI memiliki sejumlah kriteria dalam menentukan suatu karya untuk bisa mendapatkan penghargaan atau rekor MURI. Antara lain adalah karyanya harus superlatif.

Karya superlatif merupakan karya orisinal yang terukur, misalnya karya terbesar, tercepat, terlama, terpanjang, terpendek, tertinggi dan sejenisnya. Kriteria selanjutnya menurut Awan karya tersebut harus memiliki keunikan dan keistimewaan yang tidak dimiliki orang lain. seperti kambing berkaki tiga atau ular berkepala dua.

Terakhir adalah memenuhi aspek paling pertama. “Karya-karya atau kegiatan yang dinilai merupakan pertama kali dilakukan maka akan masuk salah satu kriteria,” tambah Awan.

Selain karya atau kegiatan yang pertama kali dilakukan. MURI juga terus mendorong talenta-talenta muda untuk memecahkan rekor yang sudah ada sebelumnya. Awan berharap, generasi muda bisa terus berkegiatan positif dan mengembangkan talenta-talenta yang dimiliki supaya membanggakan bangsa.

Baca juga:

Rubik Mosaik Denny Darko Pecahkan Rekor MURI

“Seniman muda yang mampur memecahkan rekor dunia, MURI akan apresiasi sebagai the world record,” jelasnya.

Sementara itu, Denny Darko yang baru saja memecahkan rekor MURI terbaru juga memiliki misi yang sama untuk terus mengembangkan talenta muda. Hal ini terlihat dari instalasi kubus rubik tersebut ia mengajak Chintya Akemi Keirayuki sebagai partner-nya kali ini.

“Pada pemecahan rekor MURI kali ini, saya mengajak talenta muda Keirayuki untuk membantu dalam pemecahan rekor kubus rubik ini. Jadi tanpa Keirayuki pun rekor ini belum tentu bisa dipecahkan,” tutup Denny Darko. (Far)

Baca juga:

Eva Alicia, Seniman Muda Berprestasi Cetak Rekor Muri Lukisan Terpanjang

#MURI #Rekor MURI #Museum Rekor Indonesia #Karya Seni
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan