Begini Kondisi 86 Warga Jabar di BPSDM yang Dipulangkan dari Arab Saudi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau 86 warga Jabar yang menjalani isolasi di gedung BPSDM Jabar di Cimahi. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

MerahPutih.Com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau kondisi 86 warga Jabar yang sedang menjalani isolasi setelah pulang luar negeri di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jabar, Kota Cimahi, Selasa (5/5).

Menurut Kang Emil, gedung BPSDM Provinsi Jabar menjadi salah satu pusat isolasi non rumah sakit bagi Orang Tanpa Gejala confirm swab dan RDT.

Baca Juga:

Pemeriksaan Cepat Kunci Sukses Bali Tangani COVID-19

"Juga sebagai tempat warga Jabar yang harus pulang dari luar negeri karena kondisi negaranya sedang ada masalah. Di sini, kemarin, ada tambahan 86 orang mayoritas dari Arab Saudi, terdiri dari pekerja migran dan mahasiswa. Kemudian ada yang harus pulang dari Australia dan Thailand," kata Kang Emil.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil (Foto: Humas Pemprov Jabar)

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar sudah melakukan tes swab kepada 86 warga asal Jabar tersebut pada Minggu (3/5/20). Hal tersebut dilakukan untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat.

Kang Emil melaporkan, ada satu warga Jabar yang dinyatakan positif COVID-19 dalam tes tersebut dan akan segera mendapatkan penangangan. Sedangkan, mereka yang negatif COVID-19 harus melanjutkan isolasi selama 14 hari.

"Mayoritas negatif. Kalau sudah negatif, kami beri opsi apakah mau dilanjutkan isolasinya di sini (BPSDM Jabar) atau di kota/ kabupaten masing-masing. Karena Gugus Tugas Jabar sudah bekerja dengan Gugus Tugas Kabupaten/ Kota menyediakan karantina, supaya lebih dekat dengan keluarga. Nanti setelah prosedur 14 hari, mereka bisa kembali ke rumah," ucapnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar memfasilitasi kepulangan 86 warga Jabar sejak mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (2/5). Setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan dilakukan pemeriksaan imigrasi, warga asal Jabar berangkat menuju Gedung BPSDM Jabar untuk menjalani pemeriksaan klinis dan karantina.

Warga Jabar yang pulang dari Arab Saudi jalani isolasi mandiri
Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jabar. (Foto Humas Pemprov Jabar)

Kang Emil mengatakan, gedung BPSDM Jabar digunakan menjadi pusat isolasi sebagai upaya penguatan kesiapsiagaan menghadapi lonjakan kasus positif COVID-19. Ia melaporkan, orang yang dirawat di Gedung BPSDM Jabar tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit rujukan.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Kirim Karangan Bunga ke Rumah Pribadi Didi Kempot di Solo

"Dari 100 persen yang tinggal di sini beberapa minggu terakhir, sekitar 61 orang sudah sembuh dan pulang. Jadi, tingkat kesembuhan di sini luar biasa tidak ada satupun yang dirawat di sini yang dirujuk ke rumah sakit," katanya.

"Per hari ini hanya 55 persen kamar yang digunakan di BPSDM dan saya dapat kabar baik juga jumlah yang dirawat di rumah sakit terus menurun, tren ini harus kita jaga," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Mauritz, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:

Dipulangkan dari Arab Saudi, Puluhan Warga Jabar Akan Jalani Isolasi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
AS Konfirmasi 15 Positif Virus Corona
Dunia
AS Konfirmasi 15 Positif Virus Corona

Kasus AS terbaru itu berasal dari seorang pasien warga AS yang turut dievakuasi dari Wuhan di Tiongkok.

Bio Farma Pastikan Harga Vaksin COVID-19 Sinovac Berkisar Rp200 Ribu
Indonesia
Bio Farma Pastikan Harga Vaksin COVID-19 Sinovac Berkisar Rp200 Ribu

BUMN Bio Farma berkomitmen mendukung upaya pemerintah menghadirkan vaksin COVID-19 dengan harga yang terjangkau untuk memberi perlindungan bagi penduduk Indonesia.

Aliansi Pendidik Tolak Kampus Jadi Lembaga Stempel Pemerintah
Indonesia
Aliansi Pendidik Tolak Kampus Jadi Lembaga Stempel Pemerintah

Koordinator P2G/Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru, Satriawan Salim menuturkan, imbauan agar kampus ikut mensosialisasikan UU Cipta Kerja justru mengandung kontradiksi yang mendalam.

Usai Dilantik, Kapolres Beri Jaminan Rasa Aman Bagi Seluruh warga Madiun
Indonesia
UU Cipta Kerja Diklaim Bisa Dorong Terciptanya Era Penyiaran Digital
Indonesia
Kejari Solo Musnahkan Ratusan Barang Bukti Narkotika
Indonesia
Kejari Solo Musnahkan Ratusan Barang Bukti Narkotika

Kejari Solo memusnahkan ratusan barang bukti dari 108 perkara yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. Perkara tersebut ditangani Kejari sepanjang tahun ini.

Penerbangan Rute Wuhan-Jakarta Segera Dibuka
Indonesia
Penerbangan Rute Wuhan-Jakarta Segera Dibuka

Beberapa maskapai yang sudah mengajukan permohonan terbang langsung menuju Bandar Udara Internasional Tianhe di Wuhan, Provinsi Hubei

Sumsel Laporkan 646 Kasus Positif COVID-19
Indonesia
Sumsel Laporkan 646 Kasus Positif COVID-19

Penambahan terjadi dari lima wilayah dan terdapat bayi usia dua hari.

Video Mobil Tabrak Pintu Masjidil Haram
Dunia
Video Mobil Tabrak Pintu Masjidil Haram

Mobil tersebut menyelonong masuk ke plasa Masjidil Haram.

Kasus Corona DKI Minggu (16/8): 22.554 Positif, 19.708 Orang Sembuh
Indonesia
Kasus Corona DKI Minggu (16/8): 22.554 Positif, 19.708 Orang Sembuh

Jumlah kasus terkonfirmasi corona secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 29.554 kasus.