Begini Kesiapan Ancol Hadapi Banjir Rob di Pesisir Jakarta Petugas BMKG memantau pergerakan cuaca di Gedung BMKG Pusat, Jakarta (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.Com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memperkirakan akan terjadi air pasang maksimum (rob) di daerah pesisir Jakarta Utara pada 9-11 Januari 2020.

Pasang maksimum akan terjadi pada pukul 10.00 WIB pada 9 Januari, pukul 10.00-11.00 WIB pada 10 Januari dan pukul 11.00 WIB pada 11 Januari 2020.

Baca Juga:

Pemprov DKI Bakal Digugat Warga, Begini Tanggapan Ketua DPRD

Sebagai bentuk mitigasi dampak banjir, Manajemen Ancol menyiapkan 26 rumah pompa air (chamber) yang dilengkapi dengan 48 unit pompa dengan kapasitas buang 447,1 m3 per menit.

Ilustrasi banjir Rob yang akan melanda pesisir utara Jakarta
Ilustrasi banjir rob yang akan melanda wilayah pesisir utara Jakarta (Foto: ANTARA)

"Saat ini kondisinya semua berfungsi dengan baik," Departement Head Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari di Jakarta, Selasa (7/1).

Selain itu, kata Rika, Ancol juga bekerjasama dengan pengelola pintu air Kopro Ancol untuk memonitor level air untuk mengatisipasi debit volume air baik banjir yang berasal kiriman dari hulu maupun dari pasang tinggi air laut.

Sementara itu, VP Taman Impian, Budi Aryanto menuturkan, petugas penjaga pantai dan keamanan juga disiagakan untuk memonitor dan mengawasi seluruh aktivitas pengunjung serta memberikan imbauan secara periodik melalui sound area.

Baca Juga:

Atasi Banjir, Pemerintah Diminta Merestorasi Bangunan dari Hulu ke Hilir

"Kami menghimbau agar pengunjung tidak perlu khawatir untuk berekreasi ke Ancol, berhubung saat ini memasukk musim hujan maka jangan lupa bekali dengan payung atau jas hujan agar aktivitas rekreasi tetap nyaman" pungkasnya.(Asp)

Baca Juga:

Pemprov DKI Akui Sejumlah Pompa Air Terendam Saat Banjir Kepung Jakarta

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH