Begini Kendala Vaksinasi COVID-19 Versi Wali Kota Seluruh Indonesia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 21 Juli 2021
Begini Kendala Vaksinasi COVID-19 Versi Wali Kota Seluruh Indonesia
Vaksinasi COVID-19. (Foto: Humas Kota Bandung)

MerahPutih.com - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengakui adanya berbagai kendala vaksinasi massal di kota-kota di seluruh Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya mengatakan, kendala vaksinasi massal tersebut disampaikan oleh anggota, pengurus, hingga Dewan Pengawas Apeksi.

Baca Juga:

Akan PTM Terbatas, Siswa SMK Diminta Segera Vaksinasi

Beberapa persoalan yang disampaikan, di antaranya vaksinasi bagi orang usia lanjut (lansia), ketersediaan vaksin yang terbatas berbanding terbalik dengan antusiasme masyarakat yang ingin divaksin, sosialisasi kepada orang tua pelajar yang menjadi sasaran penerima vaksin, hingga ketersediaan tenaga kesehatan sebagai vaksinator.

"Data capaian masing-masing target pelaksanaan vaksinasi di daerah juga menjadi keluhan para wali kota anggota Apeksi," katanya.

Bima Arya menyarankan, pemerintah kota menjalin kerja sama dengan Polri dan TNI untuk bersama-sama melaksanakan vaksinasi guna mendukung percepatan capaian target vaksinasi.

Selain itu, pemerintah kota yang menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi yang memiliki institusi kesehatan untuk percepatan capaian vaksinasi. Koordinasi antarlembaga juga salah satu percepatan capaian target vaksinasi.

Bima Arya mencatat ada empat poin kendala vaksinasi, yakni pencairan insentif bagi tenaga kesehatan, distribusi vaksin, kepastian ketersediaan vaksin, dan pendaftaran warga yang ingin divaksin.

Vaksinasi. (Foto: Humas Kota Bandung)
Vaksinasi. (Foto: Humas Kota Bandung)

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 melaporkan sebanyak 16.451.288 jiwa warga Indonesia telah mendapatkan dosis vaksin secara lengkap hingga Selasa (20/7) pukul 12.00 WIB. Total jiwa yang menerima dua dosis vaksin itu mengalami tambahan sebanyak 50.937 jiwa.

Penambahan jumlah penerima vaksin dosis kedua itu lebih rendah bila dibandingkan dengan jumlah penerima vaksin dosis pertama hari ini sesuai target pemerintah mencapai 249.144 jiwa. Dengan tambahan tersebut, maka jumlah penerima vaksinasi dosis pertama saat ini menjadi 42.344.675 jiwa. (*)

Baca Juga:

Dinkes DKI Alami Kendala Saat Lakukan Vaksinasi Lansia, Apa Saja?

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #COVID-19
Bagikan
Bagikan