Begini Kehadiran Sidang Tahunan Kala Pandemi COVID-19 Sidang Tahunan MPR. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Hari ini, agenda tahunan Republik Indonesia digelar di Kompleks Parlemen. Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPR RI digelar sebelum peringatan Kemerdekaan. Kali ini, sidang ini disatukan dalam satu rangkaian kegiatan.

Dalam sidang tahunan ini, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD Nyalla Mahmud Mattalitti jadi pimpinan sidang bersama, tanpa didampingi para pimpinan lembaga politik tersebut.

Dalam sidang Tahunan MPR-DPR-DPD 2020 digelar di Gedung Nusantara, para politisi yang hadir dibatasi untuk menjaga protokol kesehatan. Yang telah hadir secara fisik 161 anggota, dan kehadiran virtual 274 anggota.

Baca Juga:

Ini Yang Bakal Disampaikan Puan di Sidang Tahunan

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menjelaskan, anggota DPR yang hadir secara fisik akan dibatasi yaitu Pimpinan DPR, para ketua dan sekretaris fraksi, ketua komisi, dan ketua kelompok fraksi di masing-masing komisi.

DPR telah membuat matriks terkait jumlah anggota yang hadir secara fisik karena ada yang merangkap ketua fraksi dan ketua komisi sehingga total ada sekitar 176 anggota DPR yang hadir secara fisik. Selain itu. dari anggota MPR ada sekitar 50 orang seperti dari unsur Pimpinan MPR dan fraksi-fraksi di MPR, serta anggota DPD RI yang hadir ada 50 orang.

Ketua MPR Bambang Soesatyo
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Antara)

Para Mantan Presiden dan Wakil Presiden hanya bisa menyimak secara virtual, tidak bisa hadir secara langsung. Dalam sidang tahunan ini, juga tidak dihadiri para duta besar negara sahabat yang biasa diundang hadir dalam sidang tahunan.

Dari pemerintah, selain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amien hanya segelintir menteri yang hadir, yakni menteri yang merangkap ketum parpol seperti Menko Perekonomian Airlangga Susanto merangkap Ketum Golkar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketum Gerindra serta Menteri Koordinator.

Baca Juga:

Selain Wajib Patuhi Protokol Kesehatan, di Sidang Tahunan Jokowi Pakai Baju Adat



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH