Begini Jawaban Ridwan Kamil Dituduh Kampanyekan Jokowi-Ma'ruf Amin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di kediaman Ma'ruf Amin (MP/Fadhli)

Merahputih.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklarifikasi tuduhan pelanggaran pemilu yang ditujukan kepadanya saat menghadiri Harlah NU Ke-93 hari dan Muslimat NU ke-73 di Garut, Sabtu (9/2) lalu. Menurutnya, apa yang dilakukan sudah sesuai aturan dan kepatutan.

"Saya selalu taat aturan. Jadi apapun yang saya lakukan selalu dengan azas," ujar Kang Emil, sapaannya usai bersilaturahmi ke kediaman Cawapres 01 Ma'ruf Amin, Selasa (12/2).

Kang Emil menjelaskan saat menghadiri kegiatan itu dirinya di undang sebagai tokoh Jawa Barat, karena pada saat bersamaan ada deklarasi dukungan kepada paslon nomor 01.

"Saya klarifikasi, kegiatannya itu kan terbagi dua. Satu harlah NU, kedua ada deklarasi. Itu dipanggungnya jelas ada (baliho) nomornya berarti memang acara itu dari awal adalah acara deklarasi," tutur Emil.

Gubernur Ridwan Kamil saat peluncuran program JabarQR di Gedung Sate, Bandung (Foto: Twitter @ridwankamil)

Dari kedua sesi acara itu, kata Emil, dia berpidato pada sesi kedua, acara deklarasi dukungan. Lagi pula, dia menghadiri kegiatan pada hari libur (weekend). "Jadi saya taat aturan datang di hari weekend. Tidak bicara yang formal, bicaranya di acara deklarasi yang memang posternya sebesar itu di panggung," tukasnya.

Informasi yang dihimpun, Selasa (12/2), Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) melaporkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Bawaslu RI terkait pelanggaran pemilu. Dalam laporannya, TAIB menilai Ridwan Kamil telah melanggar aturan kampanye bagi pejabat publik.

"Di hadapan puluhan ribu massa yang hadir telah menyampaikan orasi politik, yang pada pokoknya menyatakan, 'Oleh karena itu kalau saya teriak Garut, teriak juara, saya teriak Jabar, teriak juara, saya teriak 01, teriak juara,'" kata anggota Tim Advokat Indonesia Bergerak, Muhajir, yang juga pelapor di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (12/2). (Fdi)

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH