Begini Caranya 'Move On' dari Konflik dengan Pasangan Berbaikan dengan pasangan setelah konflik. (Unsplash/Brooke Cagle)

SUATU hubungan asmara tidak akan pernah terlepas dari konflik. Hidup dengan orang lain (pasangan) pasti kita akan menjumpainya, entah itu akan membangun atau justru memperburuk keadaan. Semua tergantung bagaimana cara mereka menyelesaikannya.

Tidak sedikit pasangan sering bertemu dengan konflik dan terbiasa dengan hal itu. Ada yang membiarkan pertengkaran dan adu argumen ini terjadi, sebaliknya ada yang memilih untuk melakukan perang dingin.

Baca juga:

Ganti 4 Kebiasaan Buruk Pacaran Ala Gen Z dengan Cara 'Old Fashioned'

Lalu bagaimana solusi untuk menyelesaikan konflik dengan pasanganmu? Dilansir dari laman Psychologytoday, mereka melakukan penelitian terhadap 15 pasangan yang hidup bersama.

Ke-15 pasangan tersebut diminta untuk melaporkan konflik mereka dan cara mereka menyelesaikan masalah. Dari penelitian tersebut ditemukan empat cara untuk menyelesaikan konflik.

1. Penghindaran

Begini Caranya Move On dari Konflik dengan Pasangan
Menghindar dari konflik untuk menenangkan diri sebelum kembali diskusi. (Unsplash/Damir Spanic)

Cara ini dilakukan dengan memberi ruang atau waktu untuk pasanganmu. Biasanya dengan melakukan ini dapat menenangkan diri sebelum kembali berdiskusi.

Namun, di sisi lain menghindar dilakukan untuk memilih diam dan merajuk. Atau malah memilih untuk sendiri sebelum konflik selesai.

2. Berbaikan

Begini Caranya Move On dari Konflik dengan Pasangan
Berbaikan menjadi salah satu kategori paling efektif. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Biasanya perilaku ini ditunjukkan degan meminta maaf dan lalu memaafkan. Kamu dan pasangan akan melakukan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Di tahap kamu akan merasa lebih baik setelah menghadapi konflik. Ekspresikan rasa kasih sayangmu kepada pasangan.

Baca juga:

Jika Gebetan Melakukan 4 Hal Ini, Kamu Enggak Lebih dari Sekadar Teman

3. Perspektif Baru

Begini Caranya Move On dari Konflik dengan Pasangan
Menemukan perspektif baru dalam konflik tersebut. (Unsplash/Hermes Rivera)

Kamu akan mendapatkan pemahaman baru. Di tahap ini kamu atau pasanganmu juga berusaha memahami sudut pandang lain yang berbeda dengan dirinya.

Hal ini juga bisa dilakukan dengan mencari nasihat dari teman atau orang tua. Dengan mendapatkan perspektif baru bisa membuat kita lebih berkompromi dengan pasangan.

4. Melepaskan

Begini Caranya Move On dari Konflik dengan Pasangan
Melepaskan bila konflik tidak menemukan solusi, lebih baik menerima. (Unsplash/Pablo Heimplatz)

Sayangnya, tidak semua konflik bisa didapatkan jalan keluarnya. Ada orang-orang yang lebih memilih untuk menyudahi konflik itu demi hubungan mereka.

Meski tidak semua setuju membiarkan konflik tanpa penyelesaian. Namun, menerima perspektif yang berbeda juga bisa menjadi salah satu jalan untuk move on dari konflik.

Tentunya bila kamu menginginkan kondisi kembali seperti sebelum adanya perdebatan, cobalah untuk berbaikan agar mencapai hubungan yang baik seperti semula.

Baca juga:

Hubungan Pacaran Kamu Sehat? Cek Tandanya

Menghindari konflik dalam hubungan asmara justru membuat kamu dan pasangan mengarah pada hal negatif. Walau tidak menemukan solusi yang tepat untuk konflik tersebut. Paling tidak pasanganmu mungkin menemukan jalan keluar dari pertikaian ini. (ren)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH