Begini Caranya Jatuh Tidur Lebih Cepat Susah tidur dimalam hari kenapa bisa terjadi. (Foto: Unsplash/The Creative Exchange)

DI penghujung hari hampir semua orang ingin beristirahat berusaha mengembalikan energi yang hilang. Tidur adalah salah satu cara terbaik untuk beristirahat. Namun apa ada terkadang tidur justru membuat badan lelah, karena sama sekali tidak bisa jatuh tidur dengan cepat.

Ada kebiasaan-kebiasaan yang membuat seseorang tidak jatuh tidur dengan cepat. Ini yang harus dihilangkan secepatnya. Jelas mempengaruhi kesehatan tubuh bahkan imun. Bahaya di tengah pandemi saat ini.

Baca Juga:

Penelitian Menyebutkan ASI Bisa Mencegah COVID-19, Ini Penjelasannya

Cemas berlebih

tidur
Cemas yang berlebih menghalau tidur. (Foto: Pixabay/stocksnap)

Buat kamu yang merasa cemas berlebih atau merasa Psikosomatik saat pandemi ini. Sebaiknya kamu enggak perlu banyak baca atau menonton berita. Kalau kamu tipe orang yang gampang terpengaruh sebaiknya selalu berpikiran positif. Jangan takut, asalkan kamu hidup sehat dan bersih kamu enggak akan kenapa-napa kok! Mendingan lakuin kegiatan yang kamu suka aja, seperti nonton anime lucu, film komedi atau film eksyen yang buat semangat kamu kembali bangkit. Jangan malah nonton film horor, yang ada makin takut nanti.

Laman alodokter mengungkapkan bahwa menghilangkan cemas berlebih dengan mempergunakan waktu dengan semaksimal mungkin. Bisa dengan membuat tubuh lelah dengan rangkaian kegiatan positif seperti olahraga. Jangan lupa makan teratur dan sehat. Kemudian batasi waktu menerima informasi COVID-19, ini juga baik buat kamu. Jika ingin membaca, bacalah hal-hal positif yang membangun. Agar saat menjelang malam kamu dapat ber-istirahat dengan tenang dan nyaman tanpa ditakut-takuti rasa cemas yang buat kamu enggak bisa tidur nantinya.

Mata melek

tidur
Mata akan melek terus bila melakukan kegiatan lainnya. (Foto: Pixabay/Claudio_Scott)

Lalu buat kamu yang pengen tidur cepat, jangan sekali-kali mandangin ponsel. Kalau masih mau mainin mendingan kamu dengar podcast monolog yang khusus pengantar tidur. Biar kamu jadi rileks. Mata sudah lelah, pikiran sudah letih yang dibutuhkan tubuh adalah istirahat. Untuk membantu lebih cepat tidur minum susu. Jangan pula main gim yang butuh konsen seperti push rank Mobile Legends atau Push rank AoV. Apalagi main DOTA atau main gim Battle Royale. Kalau mau bobo cepet paling benar jangan main ponsel deh! Walaupun ada juga sih gim santai kayak Chess Rush, gim RPG yang auto battle bisa di tinggal tidur. Tapi masak iya mau bobo aja main gim, entar batrai ponsel kamu bocor lagi.

Baca Juga:

Cara Atur Jadwal Tidur di Tengah Tugas Numpuk

Telepon gebetan

tidur
Telepon gebetan kadang enggak kenal waktu. (Foto: Unsplash/Charles)

Nah ini yang parah! Kalau kamu masih teleponan sama gebetan sampe pagi ya sama aja bohong dong! Kalau kamu emang sayang dia, jangan buat dia begadang dong suruh dia tidur cukup, biar gak mudah terserang penyakit. Daripada ajak dia teleponan ngomongin apa enggak jelas mending besok sore selesai kelas online atau kerja, ajak dia jalan-jalan atau olahraga.

Begitu juga dengan nonton drakor, anime atau film seri lain semakin membuat kamu tenggelam dalam tontonan. Kamu akan susah tidur tepat waktu, yang ada kamu malah mengorbankan jam tidur. Intinya tidur tepat waktu bisa saja kok! Asal kamu pandai membagi waktu, terkadang hiburan juga diperlukan tapi kesehatan kamu harus menjadi prioritas utama. (joe)

Baca Juga:

Awas! Ini Gejala 'Burnout'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Cara Manusia  Menghadapi Duka
Fun
5 Cara Manusia Menghadapi Duka

Berduka tidak selalu berkaitan dengan menangis

Amanda Gorman, Sosok Penyair Muda di Upacara Pelantikan Joe Biden
ShowBiz
Amanda Gorman, Sosok Penyair Muda di Upacara Pelantikan Joe Biden

Amanda Gorman disebut-sebut sebagai pembaca puisi inaugurasi paling muda dalam sejarah AS.

Di Masa Lalu, Paus Punya Empat Kaki
Hiburan & Gaya Hidup
Di Masa Lalu, Paus Punya Empat Kaki

Makhluk itu dinamakan Peregocetus pacificus

Aktor Pemeran Karakter Boba Fett di Star Wars Tutup Usia
ShowBiz
Aktor Pemeran Karakter Boba Fett di Star Wars Tutup Usia

Aktor Star Wars Jeremy Bulloch meninggal dunia.

Sandwich Kambing, Alternatif Sajian Idul Adha
Kuliner
Sandwich Kambing, Alternatif Sajian Idul Adha

Menu baru itu dinamai Lamb Leg Curry Sandwich with Potato Salad.

Kisah Cinta Kita Tak Boleh Berakhir karena Pandemi
Fun
Kisah Cinta Kita Tak Boleh Berakhir karena Pandemi

Hubungan asmara harus survive di masa pandemi.

Nintendo Menang Lawan Situs ROM Ilegal di Pengadilan
Fun
Nintendo Menang Lawan Situs ROM Ilegal di Pengadilan

RomUniverse harus membayar denda sebesar Rp 30 milyar ke Nintendo.

Inilah Sebab Kemampuan Bahasa Inggris RM BTS di Atas Rata-Rata
ShowBiz
Inilah Sebab Kemampuan Bahasa Inggris RM BTS di Atas Rata-Rata

Guru Bahasa Inggris profesional sebutkan alasan kemampuan Bahasa Inggris RM BTS di atas rata-rata

'Don't Stop', Lagu Terbaru Meghan Stallion dan Young Thug
ShowBiz
 Netizen Bersemangat Pecahkan Pesan Rahasia di Parasut Pendaratan Mars
Fun
Netizen Bersemangat Pecahkan Pesan Rahasia di Parasut Pendaratan Mars

Sebuah video mengungkapkan pandangan pertama pada pesawat ruang angkasa yang mendarat di Mars.