Begini Cara Menikmati Mi Instan ala Korea Selatan Orang Korea punya cara tersendiri menikmati mi instan. (foto: pixabay/HOT_T)

DALAM setiap drama Korea, adegan menikmati mi instan pasti pernah muncul sesekali. Ya, sama kayak di Indonesia, mi instan juga jadi comfort food bagi warga 'Negeri Ginseng'. Hanya saja, ada yang berbeda dari cara memasak mi ala Korea Selatan.

Chef Octavianus Ary membagikan tips membuat mi ala Korea Selatan, seperti dilansir Antara.


Gunakan panci khusus

mi korea
Panci kuning kecil jadi alat paling pas untuk memasak mi ala Korea. (foto: Instagram @globalfoodid)

Di Korea, orang memasak mi instan menggunakan panci kecil berwarna kuning. Panci khas itu juga kerap muncul di beberapa drama Korea kan.

Menurut Octa, panci tersebut mampu menyimpan panas secara merata dalam waktu lama. Hal itu membuat mi yang dimasak di dalamnya lebih enak.

Jika kamu malas cuci piring, jadikan saja tutup panci sebagai tempat makan mi. Kuahnya bisa diseruput belakangan ketika panci sudah mulai mendingin.


Masukkan bumbu langsung ke panci

korean noodle
Bumbu yang dimasukkan saat mi dimasak membuatnya lebih gurih. (foto: Instagram @siesai07)

Saat orang Indonesia membuat mi instan berkuah, biasanya bumbu dimasukkan ke mangkuk. Baru setelah itu mi dan kuah dituangkan ke dalamnya. Ada juga yang memilih untuk membuang air rebusan mi, lalu menuangkan air panas baru ke mangkuk.

Hal berbeda diterapkan untuk gaya Korea. Bumbu harus dimasukkan langsung ke panci saat air yang mendidih sudah mulai menyusut. "Diamkan 2 menit, biarkan air mendidih saat bumbu sudah dimasukkan. Tujuannya, agar rasa bumbu lebih meresap ke mi," jelas Octa.

Ketika mi direbus dalam air panas, gurihnya pati akan bercampur dalam air rebusan. Itulah mengapa rasanya lebih gurih dan nikmat saat menyantap mi kuah yang airnya dari rebusan mi. "Jangan lupa, masukkan mi ke panci setelah air mendidih supaya cepat mengurai," sarannya.

Tambahkan sayuran

KOREAN NOODLE
Mi instan Korea selalu disajikan dengan tambahan sayuran. (foto: Instagram @hwakyung_ashley)

Mi kuah di Indonesia identik dengan telur dan sawi. Di Korea, kimchi menjadi bagian yang tak terpisahkan saat menikmati hidangan. Tambahkan kimchi juga potongan daun bawang, cabai, bawang putih, dan telur jika ingin menikmati mi seperti di drama Korea. "Jika mau tambah sayur, bisa dengan sawi putih atau sawi hijau. Kalau brokoli, tambahkan belakangan agar tidak layu," katanya.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH