Begini Cara Menghilangkan Tato secara Medis Pilihlah desain yang bagus dan bermakna kalau mau tato permanen. (Foto: Pexels/Kilian M)

MEMBUAT tato permanen harus yakin terlebih dahulu agar tak menyesal. Kalau kamu tak berkomitmen dan bahkan menyesal dengan tato yang sudah kamu buat dan ingin menghilangkan itu membutuhkan biaya lagi. Saat kamu ingin menghilangkan tato permanen, mungkin kulit kamu tak bisa seperti semula.

Ada beberapa cara yang dilansir dari laman alodokter untuk menghilangkan tato baik di badan, lengan, tangan, antara lain.

Baca Juga:

[HOAKS Atau FAKTA]: Merokok Jadi Vaksin Anti-Corona


1. Laser

tato
Laser adalah pilihan untuk menghilangkan tato. (Foto: Instagram@Dr. Eric Bernstein, MD)

Biasanya untuk menghilangkan tato permanen menggunakan jenis laser Q-switched. Dokter akan memanaskan tinta di kulitmu untuk melarutkannya, itu butuh berkali-kali laser sampai tato kamu hilang. Perlu kamu tahu, bahwa laser bukan menghapus tato tetapi hanya membantu memudarkan agar tak terlihat. Biasanya cara ini cocok untuk yang berkulit terang, sedangkan yang berkulit gelap menggunakan laser Q-switched.


2. Dermabrasi

tato
Besar dan luasnya tato berpengaruh terhadap cara menghilangkan dengan metode dermabrasi. (Foto: Pexels/Kevin Bidwell)

Ini salah satu metode yang menghilangkan tato dan aman, biasanya metode ini tergantung pada ukuran dan warna tato yang akan dihapus. Umumnya, kalau tato lebih besar dan banyak warna membutuhkan waktu lebih dari satu jam. Kalau prosedur selesai, area penghapusan tato akan terasa sakit selama beberapa hari.

Pemulihan memakan waktu dua sampai tiga minggu. Kamu disarankan untuk menghindari tiga sampai enam bulan, mengenakan tabir surya saat keluar rumah, dan merendam bagian tubuh ke dalam air.


3. Operasi

tato
Salah satu cara menghilangkan tato adalah dengan operasi pengangkatan jaringan kulit. (Foto: Pexels/Daniel Lazarov)

Metode ini menggunakan pisau bedah yang dipakai untuk menyayat dan mengangkat area kulit yang bertato. Biasanya sebelum operasi dilakukan, area kulit dibuat mati rasa dengan obat bius. setelah operasi, area sayatan diberi salep antibiotik untuk membantu proses penyembuhan.

Metode ini emang efektif dalam menghilangkan tato, tapi bisa menimbulkan bekas luka. Bekas operasi akan meninggalkan jaringan parut pada kulit. Biasanya operasi pengangkatan jaringan kulit lebih dipilih untuk menghilangkan tato permanen ukuran kecil.

Nah, kalau ingin membuat tato permanen sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu, Karena menghilangkan tato permanen akan memakan biaya yang tak sedikit dan akan berbekas! (bfm)

Baca Juga:

Mitos Menstruasi yang Tidak Benar, Nomor 4 Mengejutkan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH