Begini Cara Mengatasi AC Mobil agar Tidak Boros Bensin Sering menggunakan AC mobil akan menyebabkan bensin boros. (Foto: Pixabay/ninofficialphotography)

SUDAH menjadi hal umum bahwa air conditioner (AC) pada mobil membuat pemakaian bahan bakar lebih boros. Semakin dingin suhu AC, maka akan semakin besar pula bahan bakar yang digunakan. Hal ini disebabkan karena kinerja mesin AC berhubungan dengan beban yang harus ditanggung mesin.

Salah satu faktor yang membuat AC mobil menjadi boros bensin adalah kelebihan panas pada kabin dalam mobil. Dibutuhkan beberapa perangkat seperti kompresor yang berfungsi untuk mengubah zat kimia freon dari gas menjadi wujud cair. Kamu bisa melihat besarnya kompresor saat mengaktifkan AC. Adanya penurunan mesin ketika tombol AC ditekan atau diputar. Secara otomatis, sebuah sistem akan menaikkan putaran mesin sebagai kompensasi penambahan beban tersebut.

Baca Juga:

Xiaomi Luncurkan Redmi Car, Mobil Canggih Harga Bersahabat!

Berikut cara mengatasi AC mobil yang menyebabkan bensin menjadi boros.


1. Tidak menaruh muatan berlebihan

(Foto 1) Usahakan tidak menaruh barang atau orang yang berlebihan di dalam mobil. Foto by Pixabay Tama66
Usahakan muatan barang atau orang tidak berlebihan di dalam mobil. (Foto: Pixabay/Tama66)

Jika kamu menaruh beban berlebihan di dalam mobil, maka ini akan menyebabkan mesin mobil bekerja lebih keras untuk menyangga beban sekaligus bensin yang disalurkan untuk mendinginkan kabin mobil. Terutama jika jumlah penumpang yang terlalu banyak, membuat kabin menjadi sumpek dan sesak. Kelebihan muatan menyebabkan kerja ekstra untuk AC yang berujung pada pemborosan bensin mobil.


2. Parkir di tempat yang teduh

(Foto 2) Parkir di tempat yang teduh. Foto by Pixabay Pexels
Parkirlah di tempat yang teduh. (Foto: Pixabay/Pexels)

Bayangkan jika kamu pergi ke suatu tempat, kemudian mobilmu parkir di tempat yang panas. Ketika kamu datang kembali dan ingin melanjutkan perjalanan, kamu pasti menyalakan AC dengan suhu paling kecil. Hal ini membuat AC mobil perlu tenaga esktra untuk mendinginkan ruangan. Disarankan, kamu parkir di tempat yang teduh. Jadi, AC yang dipasang tidak terlalu bekerja esktra. Hal yang paling sering dilakukan justru menyalakan AC dan menunggu di luar mobil sambil berdiri atau duduk-duduk.

Baca Juga:

Musik Cepat Tak Disarankan Didengarkan di Dalam Mobil


3. Matikan AC ketika udara sejuk

(Foto 3) Buka kaca jendela ketika suhu luar ruangan sedang sejuk. Foto by Pixabay Free Photos
Buka kaca jendela ketika suhu luar ruangan sedang sejuk. (Foto: Pixabay/Free Photos)

Jika kamu melintasi tempat yang suhunya bersahabat seperti bukit, atau daerah pegunungan, lebih baik matikan AC dan buka kaca jendela mobil. Ini akan membantu meminimalisir penggunaan AC dan membuat bensin menjadi lebih irit.


4. Pergi ke bengkel

(Foto 4) Pergi ke bengkel untuk mengatasi AC. Foto by Pixabay Ryan McGuire
Pergi ke bengkel untuk mengatasi AC. (Foto: Pixabay/Ryan McGuire)

Cara ini merupakan cara yang paling akhir. Kamu bisa pergi ke bengkel mobil terdekat untuk mengatasi AC mobil. Banyak sekali bengkel-bengkel yang bisa mengatasi perihal AC. (And)

Baca Juga:

Peugeot e-Legend Mobil Elektrik Retro


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH