Begini Capaian Program Sejuta Rumah Jokowi Jelang Tutup Tahun 2020

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 11 Desember 2020
Begini Capaian Program Sejuta Rumah Jokowi Jelang Tutup Tahun 2020
Pembangunan Rumah. (Foto: Kementerian PUPR)

MerahPutih.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Presiden Jokowi sejak 29 April 2015, hingga awal Desember 2020, telah mencapai 777.708 unit dari target 900.000 unit rumah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Program Sejuta Rumah terus dilaksanakan agar setiap warga negara Indonesia dapat memiliki dan tinggal di rumah yang layak huni.

Apalagi, kata ia, di masa Pandemi COVID-19, rumah menjadi salah satu hal penting bagi masyarakat agar bisa terhindar dari penularan virus.

Baca Juga:

BTN Telah Salurkan Rp317 Triliun Untuk KPR

"Program Sejuta Rumah akan tetap dilanjutkan karena rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi," ujar Menteri Basuki dalam keterangnya, Jumat (11/12).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, optimis Program Sejuta Rumah diperkirakan dapat mencapai angka 900.000 unit di akhir tahun 2020 ini.

"Perkiraan atau prognosis tersebut merupakan hasil dari perhitungan pembangunan rumah masyarakat yang dibangun sendiri oleh Kementerian PUPR maupun dari mitra kerja, baik pengembang perumahan, perbankan, pemerintah daerah, Kementerian/ Lembaga terkait dan masyarakat," ujarnya.

Khalawi merinci, angka capaian 777.708 unit rumah saat ini, berasal dari hasil pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 584.474 unit dan rumah untuk non MBR sebanyak 193.234 unit.

"Pada Program Sejuta Rumah ini komposisi pembangunan rumah untuk MBR adalah 70 persen dan sisanya sebanyak 30 persen adalah untuk non MBR," katanya.

Rumah Subsidi. (Foto: Antara).
Pembangunan rumah. (Foto: Kementerian PUPR).

Dari data, pembangunan rumah yang dibangun oleh Kementerian PUPR yakni melalui pembangunan rumah swadaya dan Dana Alokasi Khusus (DAK) perumahan sebanyak 128.356 unit. Selanjutnya, pembangunan rumah yang dilaksanakan oleh Kementerian lain sebanyak 51.136 unit dan pemerintah daerah sebanyal 32.758 unit.

"Kami mencatat pembangunan rumah yang dilaksanakan oleh pengembang perumahan adalah 365.816 unit. Kami harap pengembang perumahan bisa lebih bersemangat karena rumah layak huni sangat dibutuhkan oleh masyarakat," tandas Khalawi.

Selain itu, capaian Program Sejuta Rumah juga berasal dari Corporate Social Responsibilty (CSR) perusahaan swasta tercatat 3.590 unit dan masyarakat secara mandiri adalah 2.818 unit. (Asp)

Baca Juga:

Biar Efisien, Hunian Terintegrasi Transit Terus Diperbanyak

#Rumah Subsidi #Kementerian PUPR #KPR
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan