Begini Bahaya Menahan Gejolak Buang Air Besar Bila sudah waktunya buang air besar lakukanlah. (Foto: Pexels/Tim Mossholder)

BUANG air kecil atau buang air besar merupakan salah satu kewajiban. Buang air besar sendiri perlu dilakukan secara rutin untuk membuang sisa-sisa makanan serta racun yang mengendap di dalam tubuh. Tetapi sayangnya banyak orang yang masih meremehkan pentingnya buang air besar sehingga jika tidak keluar dalam beberapa hari masih dianggap normal. Padahal setidaknya buang air besar harus dilakukan satu kali dalam satu hari.

Melansir dari verywellhealth.com, ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menahan buang air besar. Entah merasa jijik dengan toilet umum, malu ketika sedang berada di acara besar, atau memang sengaja ditahan dan lama-lama menjadi kebiasaan. Jika sudah begitu pada akhirnya akan membahayakan kesehatan karena tubuh terkontaminasi dengan racun sisa kotoran.

Baca Juga:

Memulai Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental


1. Sakit saat berhubungan intim

intim
Dapat menyebabkan sakit saat berhubungan intim. (Foto: Pixabay/Takmeomeo)


Sering menahan buang air besar bisa menyebabkan rasa sakit ketika sedang berhubungan intim pada wanita. Otot dubur akan meregang ketika kotoran dari sisa makanan sudah menumpuk. Jika tidak segera dikeluarkan, otot akan kembali relaks. Kondisi seperti ini pada akhirnya akan merusak saraf yang terdapat di dalam rektum karena respon dorongan buang air besar ditolak

2. Buang air besar berdarah

sakit
Banyak cairan kotor yang disrrap tubuh. (Foto: Pexels/rawpixelcom)

Semakin lama menahan buang air besar, maka semakin banyak juga cairan yang diserap kembali oleh tubuh dari kotoran. Pada akhirnya bisa menyebabkan pendarahan pada liang dubur karena kotoran mengeras sebagai akibat dari penyerapan cairan tersebut. Segera meminta pertolongan dokter karena kulit bagian dubur merupakan area yang cukup lembap. Hal ini menyebabkan luka membutuhkan waktu yang lama untuk mengering.

3. Ambeien

sakit
Kotoran mengeras menyebabkan ambien. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Menahan buang air besar dalam waktu lama bisa menyebabkan kotoran mengeras seperti batu. Akibatnya kamu perlu mengejan sekuat tenaga untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Ternyata hal ini bisa menyebabkan ambeien karena organ di dalam perut bisa ikut turun terutama usus besar.

4. Gagal ginjal

sakit
Hati-hati dengan ginjal bila menahan buang air besar. (Foto: Pixabay/OpenClipart-Vectors)

Menahan buang air besar rupanya bisa menyebabkan gagal ginjal. Mekanisme metabolisme yang terhambat menyebabkan ginjal menyerap racun lebih banyak dari biasanya. Konsumsi banyak makanan yang mengandung probiotik dan serat tinggi bisa membantu melancarkan pencernaan. (mar)

Baca Juga:

Rekomendasi Minuman untuk Para Pegiat Diet Keto



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH