Begini Aturan Memakai Kibor Agar Awet Kibor bisa awet asal digunakan dengan benar (Foto: Pexels/Karol D)

BAIK laptop maupun komputer sudah menjadi barang prioritas untuk digunakan di zaman serba canggih ini. Dari menunjang pekerjaan, seperti urusan ketik mengetik, laptop dan komputer juga digunakan untuk bermain game. Pengunaannya tentu saja hampir setiap hari.

Penggunaan yang sering ini juga bisa membuat bagian laptop rusak. Terutama pada bagian kibor yang merupakan komponen terpenting. Jika kibor rusak fungsinya akan berubah. Misalnya tombol kibor bisa salah memasukan karakter. Atau tidak merespon sama sekali saat ditekan.

Karena itu sangat penting untuk menjaga keawetan kibor. Caranya tidak melulu melalui perawatan intensif. Dari cara pemakaian yang benar, kibor bisa tahan lama alias awet. Berikut ini cara menggunakan kibor agar awet yang dirangkum merahputih.com.

1. Gunakan kibor eksternal

(Foto: dealday)

Khusus bagi kamu para gamers, gunakan kibor eksternal. Ngaku deh kamu yang sering main game di laptop dan komputer pasti sering menekan kibor dengan kencang. Karena pasti seru banget kan saat main game. Karena itu sebaiknya kamu gunakan kibor eksternal. Pun kalau rusak harga kibor eksternal lebih bersahabat dibandingkan kibor asli.

2.Lindungi dengan kibor cover

(Foto: crystalvisions)

Fungsi cover pada kibor agar terhindar dari debu maupun cairan seperti teh dan kopi. Cover akan menghindari sela-sela kibor kamu kemasukan debu. Selain itu cover akan sangat berguna bagi kamu yang malas membersihkan kibor.

3. On Screen Keyboard

(Foto: howtogeek)

Menggunakan on screen keyboard memang sedikit rumit. Kibor ini akan muncul di layar laptop atau komputer kamu. Cara menggunakannya ialah dengan mengandalkan kursor mouse kamu. Jadi agak sulit saat menggunakannya karena kamu harus mengklik huruf satu persatu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan on screen keyboard melalui touchpad. Meskipun rumit, tapi sepadan kok demi menjaga keawetan kibor asli kamu.

4. Rutin bersihkan kibor

(Foto: howtocleanthings)

Tentu saja kebersihan menjadi modal utama agar kibor kamu awet. Rutin bersihkan kibor setiap satu minggu sekali. Ingat jangan menggunakan air atau cairan apapun ya. Kamu cukup membersihkan kibor menggunakan kain lap dan kuas pembersih kibor untuk menghilangkan debu di sela kibor.

Sahabat Merah Putih, mulai sekarang rawat kibor kamu ya. Karena benda yang satu ini sangat berharga. (ikh)

Baca juga: Walau Sepele, Mouse Pad Butuh Perawatan!

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo