Bedanya Gaya Ngopi Orang Jakarta dan London Feby Indriani (tengah) saat menghadiri ICE 2020 (FOto: MP/Rizki Fitrianto)

JAKARTA dan London terpisah ribuan mil. Kendati demikian, dua kota dari beda benua tersebut memiliki satu persamaan mendasar: suka ngopi! Hal itu lalu coba diungkapkan penulis Feby Indriani.

Feby pernah bermukim di London saat berstatus mahasiswa. Ia banyak menangkap kesamaan orang London dan Jakarta ketika menikmati kopi.

Baik orang Jakarta atau orang London, menurutnya, sama-sama suka menghabiskan waktunya di coffee shop. "Kebiasaan ngopi, ngobrol, dan duduk-duduk di coffee shop orang Indonesia dan orang London sama," ucap Feby saat ditemui di sebuah talkshow dalam acara Indonesia Coffee Event (ICE) 2020, Kamis (13/2).

Baca juga:

Indonesia Coffee Events 2020 Resmi Dibuka

Tak hanya 'ritualnya', Feby menuturkan bahkan waktu mereka pergi ke coffee shop pun relatif sama. "Kalau pagi itu masih kosong. Siang menuju sore dan malam hari baru penuh. Mirip lah dengan Indonesia," tambahnya lagi.

Pilihan tempat ngopi, lanjut Feby ada persamaan dan perbedaan mendasar dari orang-orang di dua kota tersebut. "Orang Jakarta itu ada yang hobi ngopi di coffee shop fancy atau coffee shop yang ada di mal, sementara orang London lebih suka pergi ke coffee shop yang lebih sederhana dan kasual," tutur Feby.

Sementara untuk persamaannya, ia menemukan baik orang Jakarta atau orang London suka membeli kopi yang disediakan di kedai dekat stasiun. "Biasanya sembari nunggu kereta, penggila kopi di Jakarta atau di London suka beli kopi yang ada di kedai kopi kecil," ucapnya.

Dirinya juga melihat sebagian barista di Jakarta memiliki karakter seperti barista London. "Beberapa barista lokal punya attitude yang mirip-mirip barista London. Mereka memperlakukan customernya dengan hangat layaknya teman," tukas Feby. (avia)

Baca juga:

Harus Nonton! Saksikan Live Streaming Keseruan Kompetisi Barista dan Brewers Cup di ICE 2020 di merahputih.com

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH