Kesehatan
Bedakan Sakit Kepala dan Migren Migren dan sakit kepala bisa jadi amat berbeda. (123RF/twinsterphoto)

SAKIT kepala layaknya sekotak cokelat: kamu tidak pernah tahu jenis mana yang akan didapatkan. Kamu hanya bisa berharap yang didapat tidak mengganggu harimu. Seperti yang mungkin kamu alami sendiri, tidak ada satu jenis sakit kepala standar. Sakit kepala bisa seperti gelap dan mengganggu, berdebar, tajam dan menyakitkan, hingga merasa seperti seluruh kepala sedang dililit ular boa.

Selain itu, berkat banyak iklan televisi untuk obat-obatan, kebanyakan orang akrab dengan (atau setidaknya pernah mendengar) migren. Namun, migren secara teknis berbeda dan jauh lebih dari sekadar sakit kepala yang parah. Migren adalah hasil dari gangguan neurologis. Tentu itu fakta yang menarik. Namun, bagaimana informasi tersebut dapat membantumu di saat sakit kepala dan ketidaknyamanan yang hebat?

Berikut penjelasan dua ahli saraf menjelaskan perbedaan antara migren dan sakit kepala, penyebab dan gejala umum, serta kapan saatnya untuk menemui dokter.

BACA JUGA:

Tips Jitu Atasi Migrain dengan Cepat dan Tepat

Migrain vs Sakit Kepala: Gejalanya

sakit kepala
Migren secara teknis berbeda dan jauh lebih dari sekadar sakit kepala yang parah. (123RF/dexteris)

Jika kamu menduga sakit kepala (atau setidaknya beberapa di antaranya) memasuki wilayah migren, penting untuk memperhatikan gejala spesifik yang dialami.

Mari kita mulai dengan sakit kepala, penyakit umum. Sederhananya, sakit kepala adalah 'sensasi tidak menyenangkan' di setiap bagian kepala atau leher bagian atas. Demikian menurut Vernon Williams, MD, ahli saraf besertifikat dan direktur Pusat Neurologi Olahraga dan Pengobatan Nyeri di Cedars-Sinai Kerlan- Jobe Institute di Los Angeles, AS. Ada banyak jenis sakit kepala, termasuk yang disebabkan oleh ketegangan, infeksi sinus, dan penyakit lainnya.

"Ini mungkin tampak sebagai sakit tumpul, perasaan berdenyut, atau rasa sakit yang tajam, dan intensitas rasa sakit bervariasi dengan apa pun yang menyebabkannya," kata Dr. Williams seperti diberitakan Realsimple.com (6/7).

"Meskipun kebanyakan orang mengasosiasikan sakit kepala dengan rasa sakit di otak, rasa sakit yang sebenarnya dirasakan berasal dari jaringan yang mengelilingi otak. Sakit kepala bisa singkat, berlangsung kurang dari satu jam, atau bisa bertahan selama beberapa hari," dia melanjutkan.

"Migrain" adalah jenis sakit kepala lain—atau sebenarnya, kondisi kompleks di mana sakit kepala yang menyakitkan hanyalah salah satu dari banyak gejala yang mungkin terjadi.

"Migrain adalah gangguan sakit kepala primer yang melumpuhkan yang umum terjadi pada 12 persen populasi umum, 17 persen dari semua perempuan, dan 6 persen dari semua laki-laki," kata Andrea Manhart, DO, seorang ahli saraf di UCHealth.

Faktor lain untuk membantu menentukan apakah sesuatu itu migrain atau sakit kepala, adalah apakah ada gejala lain di luar apa yang biasanya kamu hubungkan dengan sakit kepala 'biasa'.

Menurut Williams, kombinasi gejala berikut biasanya muncul jika yang kamu alami sebenarnya ialah migrain:

1) Nyeri berdenyut atau berdenyut yang sedang hingga berat dan terasa seperti melanda seluruh kepala atau berpindah dari satu sisi kepala ke sisi lainnya.2) Kepekaan yang meningkat terhadap suara, bau, dan/atau cahaya.3) Masalah penglihatan, termasuk buram, titik terang atau berkedip, garis bergelombang atau bergerigi.4) Masalah perut, termasuk kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan/atau perut tidak nyaman.

Baik Williams dan Manhart menekankan bahwa migrain bisa sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari, dan secara serius memengaruhi kualitas hidup.

Migrain vs Sakit Kepala: Penyebabnya

migren
Gaya hidup dan faktor lingkungan tertentu seringkali dapat memicu sakit kepala standar. (123RF/fizkes)

Sebelum masuk ke apa yang kita ketahui tentang penyebab migrain dan sakit kepala, kita harus menunjukkan bahwa sakit kepala tidak secara otomatis berarti kamu sakit atau memiliki kondisi medis mendasar yang belum ditemukan. Gaya hidup dan faktor lingkungan tertentu sering kali dapat memicu sakit kepala standar, menurut Cleveland Clinic dan Mayo Clinic, misalnya:

1) Minum alkohol (terutama anggur merah) dan kafein2) Makan makanan atau bahan tertentu3) Perubahan tidur atau kurang tidur4) Postur tubuh yang buruk5) Melewatkan makan6) Tekanan dan stres7) Paparan alergen8) Asap rokok9) Bau kuat dari bahan kimia atau parfum rumah tangga10) Dan percaya atau tidak, bahkan kuncir kuda yang tinggi dan ketat juga bisa menjadi penyebabnya.

Sejauh migrain pergi, masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab. "Merupakan hal umum untuk memiliki riwayat keluarga migrain, karena dapat diturunkan," jelas Manhart. Meski demikian, ia juga mencatat bahwa penyebab spesifik dari gangguan tersebut masih belum diketahui. Untuk saat ini, teori yang paling banyak diterima ialah migrain terjadi ketika sistem trigeminovaskular yang melibatkan saraf dan pembuluh darah, diaktifkan.

Meski pada setiap orang berbeda, ada kondisi tertentu yang dapat memicu migren bagi seseorang yang hidup dengan kondisi tersebut. Banyak dari kondisi ini tumpang tindih dengan gaya hidup lain dan faktor lingkungan yang dapat menyebabkan sakit kepala non-migrain: siklus menstruasi, cokelat, keju, anggur merah, stres, kurang tidur, tidak makan, dan perubahan tekanan barometrik. Demikian menurut Dr. Manhart.

Selain itu, Williams mengatakan, perlu juga dicatat bahwa sekitar tiga dari empat orang yang mengalami migrain adalah perempuan. "Lebih banyak perempuan menderita migrain dan sakit kepala karena penyebab hormonal yang berkaitan dengan siklus menstruasi, kehamilan, atau pil KB," jelasnya.

Estrogen, hormon wanita, juga mengontrol bahan kimia di otak yang memengaruhi sensasi rasa sakit. Ketika tingkat hormon ini berfluktuasi, karena stres atau siklus hormonal, itu dapat memicu sakit kepala atau migrain yang menyakitkan.

Migrain vs. Sakit Kepala: Pengobatan dan Pencegahan

migren
Ada juga obat-obatan oral dan suntikan yang membantu mencegah dan menghentikan migrain. (123RF/maticsandra)

Untuk membantumu mengatasi sakit kepala sesekali, Williams merekomendasikan untuk melakukan perubahan gaya hidup sederhana berikut ini:

1) Minum banyak air agar tetap terhidrasi2) Menghindari melewatkan makan3) Bertujuan untuk mendapatkan jumlah jam tidur yang sama setiap malam (idealnya, antara tujuh dan sembilan)4) Jangan berlebihan dengan kafein atau alkohol (ini membuat Anda dehidrasi)5) Beristirahatlah secara teratur dari menatap layar6) Terlibat dalam aktivitas fisik sedang setiap hari7) Berlatih mekanisme koping ketika tingkat stres menjadi tinggi

Selain melakukan perubahan gaya hidup di atas, Manhart mengatakan bahwa penderita migrain juga dapat secara aktif menghindari pemicunya, serta membatasi penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas seperti Tylenol dan Excedrin menjadi satu atau dua kali, atau setiap minggu pada awal migrain.

"Diminum lebih dari beberapa kali per minggu, [NSAID] dapat menyebabkan sakit kepala harian yang disebut 'sakit kepala berlebihan karena analgesik,'" jelasnya. Ada juga obat-obatan oral dan suntikan yang membantu mencegah dan menghentikan migrain, meskipun ini harus dengan resep dokter.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala kronis, penting untuk membuat janji dengan dokter: khususnya, dokter yang berspesialisasi dalam mendiagnosis dan mengobati sakit kepala dan migrain, kata Dr. Williams. "Untuk beberapa penderita, ada obat yang dapat diresepkan untuk membantu mencegah serangan sebelum mereka mulai," tambahnya.

Namun, sebelum memulai pengobatan apa pun, dokter akan mendiskusikan (dan mungkin harus membuat) penyesuaian gaya hidup tambahan untuk membantu mengidentifikasi pemicu spesifik, apakah itu nutrisi, lingkungan, perilaku, atau yang lain sama sekali.

Sebagian besar waktu datang untuk mengetahui dan memahami tubuhmu. "Cara terbaik untuk mencegah sakit kepala dan migrain adalah mempelajari pemicu serangan dan melakukan yang terbaik untuk menghindarinya," kata Dr. Williams. Sakit kepala dan migrain terkadang dapat melemahkan, tetapi mengetahui bagaimana membedakan keduanya dan memahami penyebabnya dapat membuat lebih mudah untuk menemukan kelegaan. (aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Road to IIMS Hybrid 2022 akan Digelar Virtual
Hiburan & Gaya Hidup
Road to IIMS Hybrid 2022 akan Digelar Virtual

Road to IIMS Hybrid 2022 merupakan rangkaian acara menyambut gelaran IIMS Hybrid 2022

Perempuan Rawan Osteoporosis, Kok Bisa?
Fun
Perempuan Rawan Osteoporosis, Kok Bisa?

Osteoporosis memiliki dampak yang parah pada kualitas hidup.

Tamu Festival Film Venesia 2021 Wajib Tunjukkan Bukti Vaksinasi
ShowBiz
Tamu Festival Film Venesia 2021 Wajib Tunjukkan Bukti Vaksinasi

Demi kelancaran festival di masa pandemi.

‘Candy Monster’, Film Animasi Made In Negeri Aing Lolos 2 Festival Internasional
Hiburan & Gaya Hidup
‘Candy Monster’, Film Animasi Made In Negeri Aing Lolos 2 Festival Internasional

Tidak menutup kemungkinan bagi UMN Pictures membuat karya menarik lainnya.

Benci Air Putih, Vanessa Hudgens Buat Minuman dari Kaktus
ShowBiz
Benci Air Putih, Vanessa Hudgens Buat Minuman dari Kaktus

Menurut Hudfens, air akan terasa lebih nikmat ketika memiliki rasa.

Hal yang Perlu dilakukan Setiap Pagi untuk Menjaga Kesehatan Otak
Fun
Hal yang Perlu dilakukan Setiap Pagi untuk Menjaga Kesehatan Otak

Berikut beberapa rutinitas mereka yang dapat kamu tiru:

Alat Pemanen Air untuk Wilayah dengan Kondisi Kekurangan Air
Fun
Alat Pemanen Air untuk Wilayah dengan Kondisi Kekurangan Air

Panel yang bisa memanen air di daerah perkotaan.

Bimbingan Belajar, Keinginan Orang Tua atau Anak?
Hiburan & Gaya Hidup
Bimbingan Belajar, Keinginan Orang Tua atau Anak?

Kirana mulai merasakan kewalahan dan tidak dapat mengatur waktu

Wewangian Idola K-Pop
ShowBiz
Wewangian Idola K-Pop

Pernah bayangin seperti apa sih aroma tubuh idolamu?

Pantang Melakukan Ini Ketika Sudah Menikah
Fun
Pantang Melakukan Ini Ketika Sudah Menikah

Perlu menekan ego masing-masing.