Bedah Isi Ruangan Rumah Maroko Rumah Maroko di Jalan Menteng, Jakarta Pusat. (MP/John Abimanyu)

Penasaran dengan isi dalam Rumah Maroko, Assitant Director Rumah Maroko Lisa Hermaniati akan membedah satu persatu isi setiap ruangan pada rumah tersebut.

Saat memasuki rumah ini, sebuah ruangan bernama Casablanca Room, di dalamnya terlihat mewah pasti terasa berada di sebuah istana Maroko. Dibalut dengan warna pastel (lembut), ruangan ini terasa begitu nyaman. Di sejumlah sisi ruang dan pintunya, didominasi dengan ukiran-ukiran. Model pintu juga menyerupai relung-relung.

Casablanca Room

"Casablanca room juga dilengkapi dengan mimbar dan biasanya mimbar ini mirip sekali dengan nuansa bangunan Arab yang biasa digunakan untuk membaca ayat suci. Pada langit-langit terdapat sebuah kubah yang dilapisi dengan hiasan terbuat dari alumunium tembaga sehingga terlihat indah," kata Lisa saat ditemui kepada Wartawan merahputih.com Yohanes Abimanyu, di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/1).

Memasuki lebih ke dalam Rumah Maroko, terdapat ruangan Riyadh Pool adalah sebuah courtyard (ruang terbuka di tengah bangunan) rumah Maroko ini. Area ini terdapat sebuah kolam renang seluas 17 x 7 meter dan dilengkapi dengan sauna yang menggunakan keramik buatan, air mancur dan tempat pemanas jacuzzi.

Riyadh Pool

Menurut Lisa, Riyadh hampir mirip dengan patio di Barat, yaitu suatu halaman terbuka di dalam rumah yang berbentuk persegi empat dengan air mancur di tengahnya. Riyadh memiliki fungsi, mulai dari untuk menjamu tamu hingga tempat berkumpul dan bersantai para penghuni rumah.

"Biasanya Riyadh banyak berfungsi sebagai tempat berkumpul. Kalau acara pernikahan lokasi ini dijadikan sajian menu makan. Jadi tamu bisa menikmati garden pary," terangnya.

Bagian atas Rumah Maroko terdapat sebuah ruangan bernama Casa Andalusia Room. Ruangan ini berada di lantai dua. Di sana terdapat dua bangku malas khas Timur Tengah.

Casa Andalucia 2nd Floor

"Tak hanya itu, untuk mempercantik ruangan diletakkan pula dua buah alat musik tradisional Arab. Biasanya rungan ini sangat cocok untuk bersantai," terangnya.

Selain itu, terdapat juga ruangan bernama Marrakesh yang letaknya tidak jauh dengan ruang Casa Andalusia. Ruangan ini lebih cocok untuk mengadakan acara private party atau bersantai. Di dalamnya juga terdapat sebuah mini bar, ruang tamu, hingga kamar mandi mewah.

Marrakesh

"Agar lebih memperkuat suasana Timur Tengah, di ruangan ini juga terdapat beberapa senjata khas Arab dan sebuah bangku pojok yang menghadap keluar jendela kaca patri. Area ini memang sangat sempurna untuk pesta koktail bersama keluarga besar atau sekadar minum teh Morrocan minty," jelasnya.

Tidak hanya itu, pada bagian ruang basement rumah terdapat sebuah ruangan bernama "Quarzazale Lounge" ruangan ini mampu menampung kapasitas sebanyak tamu 200 orang. Area ini dilengkapi dengan alat-alat musik, bar dan beberapa sofa khas Timur Tengah.

"Quarzazale Lounge"

"Kalau Area utama "Casablanca", dapat menampung 120 kursi atau hingga 200 berdiri. Area "Casa Andalucia" dapat menampung 60 orang kursi dan ruang ketiga "Marrakesh" dapat menampung 80 orang sekaligus dan total kapasitas seluruh daerah hingga 500 orang," pungkasnya.



Yohannes Abimanyu