Film

Beda Visi, Tim Burton Ungkap Kemungkinan ‘Putus’ dari Disney

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 24 Oktober 2022
Beda Visi, Tim Burton Ungkap Kemungkinan ‘Putus’ dari Disney
Tim Burton menyebut hari-harinya bersama Disney telah usai. (foto: Instagram @cinemapranthan)

DISNEY dan Tim Burton telah lama memiliki hubungan profesional yang menghasilkan berbagai karya hit. Film-film unik dengan sentuhan misteri menjadi ciri khas Burton. Sebut saja Frankenweenie (2012). Karya lainnya meliputi live-action Dumbo (2019), A Nightmare Before Christmas (1993), dan Alice in Wonderland (2010) serta sekuelnya pada 2016.

Namun, hubungan itu tampaknya akan segera berakhir. Sutradara Beetlejuice ini mengungkapkan kemungkinan ia akan ‘putus’ dari Disney. Setidaknya sebagai sutradara untuk proyek Disney di masa depan. “Itu menjadi makin seragam, amat diatur. Sedikit ruang tersisa untuk sesuatu yang berbeda,” kata Burton saat menghadiri Lumiere Festival di Prancis, akhir pekan lalu, seperti dilansir Deadline.

BACA JUGA:

Pencinta Film yang Dark dan Gothic? Tonton 4 Film Tim Burton Terbaik

Hal yang dimaksud Burton ialah kegetolan Disney dalam menggarap franchise film laris mereka, seperti Star Wars dan Marvel Cinematic Universe. Ia menyebut kemungkinan ia akan terlibat dalam MCU di masa depan amat tipis. “Aku hanya bisa menangani satu semesta. Aku tak sanggup mengerjakan banyak semesta,” ujarnya.

tim burton
'The Nightmare Before Christmas' merupakan salah satu karya Burton bersama Disney.(foto: Instagram @timburton)

Kolaborasi terakhir Burton dan Disney ialah film live-action Dumbo pada 2019. Ia mengawali kariernya dengan studio pembuat Miki Tikus itu pada 1981 sebagai animator junior untuk film The Fox and the Hound. Ia kemudian melanjutkan karier dengan menyutradarai film-film Disneys seperti A Nightmare Before Christmas (1993), James and the Giant Peach (1996), dan Alice in Wonderland (2010) serta sekuelnya pada 2016.

BACA JUGA:

Jelang Halloween, Kostum Johnny Depp Laku Keras

“Aku telah dipekerjakan dan dipecat beberapa kali sepanjang karierku di sana,” ujarnya. Ia menyebut hari-harinya di Disney telah usai. “Aku menyadari, aku seperti Dumbo. Bekerja di sirkus nan buruk. Aku perlu kabur. Jadi film itu bak sebuah biografi dalam level tertentu,” imbuhnya.

tim burton
Menyamakan diri dengan Dumbo. (foto: IMDB)

Namun, itu bukan berarti Burton berhenti menghasilkan karya. Ia baru saja menyelesaikan serial spin-off Adam Family, Wednesday, untuk Netflix. Serial itu akan tayang pada 23 November.(dwi)

BACA JUGA:

Labu Halloween dan Kisah si Pelit Jack yang Menipu Setan

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan