Beda Tahun dan Sutradara, Dua Film Hollywood Ini Pakai Kostum yang Sama Sejumlah film Hollywood pakai kostum serupa (Sumber: Berbagai Sumber)

SELAIN akting memukau dari aktor dan aktris, ada berbagai elemen penunjang kesuksesan film Hollywood. Beberapa di antaranya adalah naskahnya, latar film, backsound, hingga kostumnya. Hal tersebut tak jarang membuat para pembuat film rela mengeluarkan uang berjumlah fantastis untuk kualitas elemen-elemen tersebut. Namun beberapa sutradara berpikir sebaliknya. Mereka memilih untuk menggunakan kostum yang pernah ada untuk film yang digarapnya.

"Kenapa harus keluar uang besar untuk kostum jika bisa memakai yang sudah ada?" mungkin itu isi pikiran para sutradara tersebut. Gagasan ini muncul karena sebagian besar film dan serial televisi tak memiliki cukup uang guna membuat kostum untuk seluruh pemain. Berikut beberapa film yang pernah memakai kostum serupa:

Baca juga:

Yuk Intip Deretan Aktor Drama Tiongkok yang Paling Populer Saat Ini

1. Pride and Prejudice (2005) dan Sense and Sensibility (2008)

Kostum Hollywood
Pride and Prejudice dan Sense and Sensibility (Sumber: Focus Features/BBC One)

Sama-sama mengangkat tema film klasik, membuat kostum yang dibutuhkan oleh kedua film ini sama-sama klasik. Hal tersebut membuat sutradara serial televisi Sense and Sensibility, John Alexander memutuskan untuk memanfaatkan kostum yang pernah digunakan Keira Knightley dalam Pride and Prejudice tiga tahun sebelumnya.

2. Head in the Clouds (2004) dan Race (2016)

Kostum Hollywood
Head in the Clouds dan Race (Sumber: Dakota Film/Focus Features)

Sutradara film Race, Stephen Hopkins tak ingin membuang budget secara sia-sia hanya untuk kostum anyar bagi aktrisnya. Untuk itu ia memanfaatkan pakaian yang pernah digunakan di Head in the Clouds. Salah satu kostum yang serupa adalah dress berwarna mustard. Untuk memberi kesan berbeda, ia melengkapi dress tersebut dengan outer motif floral.

3. Manolete (2008) dan Brooklyn (2015)

Film Hollywood
Manolete dan Brooklyn (Sumber: Handmade Films/BBC Film)

Semua orang sepakat bahwa rok yang dikenakan Penelope Cruz dalam film Manolete begitu cantik. Rok berwarna cokelat muda dengan motif bunga berwarna merah yang cerah tersebut rupanya turut menarik minat penata kostum Brooklyn yang dirilis tujuh tahun kemudian.

Baca juga:

Diproduksi dengan Biaya Rendah, Film Ini Miliki Pendapatan Fantastis

4. The Duchess (2008) dan The Scandalous Lady W (2015)

Film Hollywood
The Duchess dan The Scandalous Lady W (Sumber: Paramount Vantage/BBC)

Kedua film beda masa ini sama-sama mengangkat konsep Victorian dalam filmnya. Untuk itu, tak heran jika busana yang dikenakan pun memiliki tema yang nyaris sama. Sutradara The Scandalous Lady W pun memutuskan untuk memakai dress yang sama dengan The Duchess. Yang membuatnya tampak berbeda adalah kostum dalam The Duchess dilengkapi sebuah topi berpita dan bros bunga berwarna merah muda. Sementara The Scandalous Lady W dibuat lebih polos.

5. Mad Men (2009) dan The Help (2011)

Film Hollywood
Mad Men dan The Help (Sumber: AMC/DreamWorks)

Hanya berselang dua tahun tak membuat penata kostum film The Help gentar untuk mengenakan kostum serupa film Mad Men.

6. Friends (1994) dan Edgar Allan Poe's Murder Mystery Dinner Party (2016)

Film Hollywood
Friends dan Edgar Allan Poe's Murder Mystery Dinner Party (Sumber: NBC/Shipwrecked Comedy)

Setiap pengantin menginginkan busana pengantin yang eksklusif dan satu-satunya. Namun itu tak berlaku dalam film. Demi menghemat anggaran, para produser film tak segan memakai busana pengantin yang sama di filmnya. Misalnya saja film Edgar Allan Poe's Murder Mystery Dinner Party yang menggunakan kembali gaun pengantin di film Friends. Yang membedakan hanyalah veil yang ada di film Friends.

7. Titanic (1997) dan Tuck Everlasting (2002)

Titanic
Titanic dan Tuck Everlasting (Sumber: 20th Century Fox/Walt Disney)

Selain alur cerita, karakter, dan musiknya, semua orang dibuat terpana oleh kostum yang dikenakan oleh para pemain Titanic. Nuansa klasik memberi kesan bangsawan pada tokoh Rose (Kate Winslet) semakin kuat. Rupanya, sala satu penata busana Tuck Everlasting kepincut dengan outer cokelat muda berbordir bunga yang dipakai oleh Rose. (Avia)

Baca juga:

Ini Tujuan Film Parasite Dirilis Kembali Dalam Versi Hitam Putih

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH