Beda Sunat Waktu Kecil Sama Besar, Mending Mana? Mr P. (Foto: Pixabay)

SUNAT lazimnya dilakukan sewaktu masih anak-anak. Tapi, ada pula yang melakukannya setelah dewasa. Sebenarnya, mendingan disunat saat kecil atau dewasa?

Jawabannya, lebih baik waktu anak-anak. Spesialis bedah saraf dr Mahdian Nur Nasution, SpBS menjelaskan ada perbedaan teknik sunat pada anak-anak dan dewasa. "Penisnya sama. Hanya ada kondisi anatomi berbeda. Aktif ereksi baik secara spontan atau tidak," ujarnya, seperti dikutip ANTARA.

Ketika ereksi, kulit tertarik. Kalau ada luka jahitan, kulit tertarik bakal berefek pada kesembuhan. Untuk menghindari problem tersebut, dokter tidak memotong kulit terlalu banyak. Ereksi bisa melepas benang jahitan. Karena itu, dokter biasanya menerapkan prosedur menggunakan electric couture pada pasien dewasa. Jadi bukan dipotong biasa.

Sama seperti anak-anak, dewasa yang disunat juga diberi anestesi. Tapi, anestesi general, bukan lokal seperti pada anak-anak. Masa pemulihan pada pria dewasa juga lebih lama, bisa mencapai empat minggu. Padahal, anak-anak yang disunat biasanya hanya membutuhkan waktu pemulihan tujuh hari.

Daerah lembap akibat keringat, air saat mandi atau sesudah membasuh Mr P, serta rambut-rambut pada Mr P membuat waktu penyembuhan bisa mencapai empat minggu. Nah, jelas kan? Sunat lebih baik dilakukan saat masih anak-anak. (*)

Baca juga artikel Sebelum Via Vallen, 4 Pedangdut ini Lebih Dulu Melangkah ke Bisnis Kue Kekinian.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH