Beda Karakter Anak, Lain lagi Cara Belajarnya Setiap anak punya cara belajarnya sendiri. (foto: pixabay/public domain pictures)

SETIAP anak terlahir dengan karakter yang berbeda. Minat dan bakatnya pun tidak akan sama. Begitu juga halnya dengan cara mereka belajar. Kamu tidak bisa memaksakan satu pola didik begitu saja. Kenali terlebih dahulu kepribadiannya secara mendalam. Kalau perlu, konsultasikan kepada psikolog mengenai metode belajar seperti apa yang sesuai dengan karakter anakmu.

Whitbyschool.org mengatakan seiring menyaksikan anak-anak tumbuh dan berkembang, akan terlihat semakin jelas bahwa setiap anak memiliki caranya sendiri dalam belajar dan berinteraksi. Beberapa di antaranya tidak sulit untuk terbiasa dengan rutinitas sekolah. Namun, ada juga yang sangat membenci kegiatan belajar dan lebih memilih untuk bermain.

BACA JUGA: Konsep Rumah Keren ala Jepang untuk Rumahmu

Jangan buru-buru menyalahkan anak hanya karena pola belajarnya yang berbeda. Bisa jadi kamu yang salah karena tidak memahami karakternya dengan baik.

1. Audio

belajar
Ada yang belajar dengan mendengarkan. (foto: pixabay/sasint)

Tipe anak dengan metode belajar secara audio memang paling banyak ditemukan. Mereka dengan mudah menyerap semua materi yang diterangkan oleh guru di dalam kelas. Jangan coba-coba memaksa mereka untuk membaca tumpukan buku. Anak tipe seperti ini akan dengan mudah menghafal materi secara lisan. Untuk memaksimalkan pola belajarnya coba lah memberikan materi berupa tebak-tebakan atau teka-teki. Selalu berusaha untuk mengajarinya secara verbal.

2. Visual

belajar
Belajar dengan melihat info grafik. (foto: pixabay/picjumbo.com)

Nah kalau yang satu ini sangat suka memperhatikan gambar menarik, video, atau tulisan. Mereka akan mudah kehilangan konsentrasi ketika dipaksa untuk belajar dengan cara mendengarkan guru menerangkan materi. Menghafal satu buku bukan lah sebuah masalah. Apalagi jika di dalam buku tersebut ada infografik menarik yang penuh warna. Seluruh materi pelajaran akan dengan cepat terserap.

3. Kinestetik

belajar
Belajar dengan beraktivitas. (foto: pixabay/andros1234)

Anakmu hiperaktif? Bisa jadi metode belajarnya adalah kinestetik. Keduanya cukup berkaitan. Anak dengan tipe seperti ini harus selalu beraktivitas. Untuk belajar pun harus sambil bermain. Mereka akan lebih mudah menyerap materi pelajaran di sekolah melalui praktik atau percobaan sains.

4. Campur

belajar
Bisa dengan membaca atau mendengarkan. (foto: pixabay/sasint)

Beruntungnya anak dengan metode campur tidak membutuhkan perlakuan khusus untuk menunjang kegiatan belajarnya. Mereka bisa dengan mudah membaca buku atau mendengarkan materi yang diberikan oleh gurunya. (mar)

BACA JUGA: 'Leaders of New Planet' Mengajak Masyarakat untuk Semangat Membangun Indonesia



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH