Beberapa Rekomendasi Aplikasi yang Akan Membantumu Terlelap Tidur nyenyak dengan bantuan aplikasi. (Foto: Unsplash/bruce mars)

APAKAH kamu termasuk orang yang sulit tertidur? Sudah berguling ke kenan dan kiri namun rasa kantuk belum datang juga? Apalagi ketika sedang mengisolasi diri di rumah, waktu tidurmu dapat terganggu akibat stres.

Tenang saja karena sekarang ada beberapa rekomendasi aplikasi yang akan membantumu untuk terlelap. Pastinya semua aplikasi ini bisa kamu unduh langsung di telepon pintarmu. Dilansir dari laman 'Hypebae', ini dia beberapa aplikasi yang dijamin akan membantumu terlelap.

Baca Juga:

Suka Tidur dengan Lampu Menyala? Diabetes Mengintaimu

Sleep Cycle

tidur
Sleep Cycle. 9Foto: instagram@nhsleepawareness)

Sebenarnya yang paling penting agar dapat tertidur dengan nyaman di malam hari adalah mengatur pola tidur yang baik. Kamu jangan berharap dapat tidur dengan tennag di malam hari kalau kamu saja baru bangun setelah matahari sudah persis di atas langit bukan? Nah, Sleep Cycle akan jadi solusi untuk membantu mengatur jadwal tidur dan bangunmu. Aplikasi yang satu ini akan mengaturmu untuk menentukan kapan waktu yang paling tepat untuk bangun tidur setelah menganalisis pola tidurmu. Caranya adalah dengan melihat pergerakanmu ketika tidur dengan bantuan microphone atau 'accelerometer' di telepon pintarmu.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan program untuk melacak dan mendengarkan dengkuranmu, statistik mengenai bagaimana kualitas tidurmu, dan diari untuk menuliskan moodmu ketika bangun di pagi hari. Menarik banget, bukan?

Headspace

tidur
Headspace. (Foto: instagram@headspace)

Mungkin aplikasi ini yang paling sering kamu dengar. Hadir dengan visual yang sederhana, Headspace memiliki dua tujuan, yaitu mengatur stress atau tidur lebih tenang. Kalau kamu membutuhkan salah satu atau keduanya kamu perlu mencoba aplikasi yang satu ini. Ada fitur meditasi, cerita pengantar tidur, dan musik yang menenangkan. Menariknya lagi Headspace punya 'section' bernama Nighttime SOS untuk kamu yang kesulitan untuk kmebali tertidur ketika tiba-tiba terbangun di malam hari.

Calm

tidur
Calm. (Foto: instagram@calm)

Calm mempunyai konten sesi meditasi yang dijamin juga akan memberi ketenangan buatmu. Melalui program Mental Fitness, kamu akan diajarkan untuk melatih pikiranmu agar semakin tenang dan positif. Apalagi kamu akan diberi saran dari tokoh seperti LeBron James. Enggak hanya itu, Calm juga terkenal dengan program Sleep Storiesnya di mana kamu bisa mendengar suara aktor terkenal seperti Stephen Fry dan Matthew McConaughey yang membacakan cerita buatmu. Lewat aplikasi ini kamu jugsa mendengar suara piano 'lo-fi' bukan hanya untuk meditasi atau tidur, tetapi juga untuk menemanimu bekerja maupun belajar.

Baca Juga:

Susah Tidur? Yuks, Ikuti Tips Ini

Relax melodies

tidur
Relax melodies. (Foto: instagram@relaxmelodies)

Nah, aplikasi yang satu ini punya banyak fitur yang dijamin akan membantumu tertidur. Kamu bisa mendengarkan suara yang menenangkan, seperti ASMR dan suara lainnya. Lalu keunggulan aplikasi ini kamu bisa meditasi sesuai kebutuhan atau tujuanmu misalnya seperti terlelap dengan cepat, tidur yang lebih tenang, maupun untuk relaksasi.

Relax Melodies juga menyediakan cerita pengantar tidur dengan judul menarik seperti The Fairy Wardrobe, Carribean Seaside Story, dan lainnya. Terakhir aplikasi ini punya fitur untuk mengarahkan penggunanya melakukan kegiatan olahraga sederhana yang membantu pola tidur.

Pzizz

tidur
Pzizz. (Foto: instagram@pzizz)

Aplikasi Prizz akan memberikan tiga pilihan kepada kamu yaitu 'sleep', 'nap', dan 'focus'. Kamu tinggal memilih program sesuai dengan tujuanmu, entah untuk tidur atau untuk fokus. Tujuan dari aplikasi ini adalah membantumu untuk tidur lebih lelap dan bangun dengan keadaan yang lebih segar. Prizz menawarkan berbagai musik, 'voiceover', dan efek suara yang dapat berubah setiap malam. Kamu juga bisa memilih untuk mendengarkan suara perempuan atau pun laki-laki. Di setiap kontennya akan ada judul dari suara dan sedikit penjelasan mengenai musik tersebut. (sam)

Baca Juga:

4 Langkah Mudah dan Praktis Untuk Tidur Cepat

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mendukung Peningkatan Kompetensi Pengajar Indonesia Lewat Kolaborasi
Fun
Mendukung Peningkatan Kompetensi Pengajar Indonesia Lewat Kolaborasi

Kolaborasi mendorong terciptanya pendidikan 4.0 dan mencetak lulusan terbaik.

3 Lagu Untuk Kamu yang Lelah Menjalani HTS
Fun
3 Lagu Untuk Kamu yang Lelah Menjalani HTS

Jika pasangan kamu tidak kunjung menyatakan perasaan atau hanya ingin hubungan tanpa status (HTS) yang enggak kejelasan, yuk putar ketiga lagu ini on repeat!

40 Persen Tanaman dan Fungi Dunia Terancam Punah
Fun
40 Persen Tanaman dan Fungi Dunia Terancam Punah

Padahal tanaman dan Fungi sangat berperan penting dalam kehidupan.

Kampanye Wisata untuk Provinsi Gangwon Korea Selatan
Travel
Kampanye Wisata untuk Provinsi Gangwon Korea Selatan

Kampanye ini juga mengajak lebih dari 2.000 tempat wisata di ...

Pagar Betis yang Mengacaukan Penjaga Gawang
Fun
Pagar Betis yang Mengacaukan Penjaga Gawang

pandangan penjaga gawang terhalang oleh pagar betis itu.

Samaritan, Film Superhero Terbaru Sylvester Stallone
ShowBiz
PGL: CS:GO Major Tournament 2021 Siapkan Hadiah Rp28 Miliar
Fun
PGL: CS:GO Major Tournament 2021 Siapkan Hadiah Rp28 Miliar

PGL rencananya akan menggelar event ini mulai dari 23 Oktober sampai 7 November 2021.

Renovasi Cerahkan Kembali Instalasi 'Out of Order' di London
Travel
Renovasi Cerahkan Kembali Instalasi 'Out of Order' di London

Warnanya kembali ke merah ceri nan cerah.

Ed Sheeran Resmi Jadi Ayah
ShowBiz
Ed Sheeran Resmi Jadi Ayah

Sheeran tampaknya memang merahasiakan privasi keluarganya, termasuk kehamilan sang istri.

Ferrari Kembali Operasikan Pabriknya Mulai 14 April
Fun
Ferrari Kembali Operasikan Pabriknya Mulai 14 April

Meskipun masih tetap memperhitungkan keberlanjutan pasokan.