Beberapa Makanan Ini Bisa Menghindarimu dari Mabuk

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 23 September 2021
Beberapa Makanan Ini Bisa Menghindarimu dari Mabuk
Makanan yang bisa jadi pondasi sebelum konsumsi minuman beralkohol. (Foto: Unsplash/Maria Teneva)

KITA tahu bahwa alkohol bukanlah hal yang baik bagi tubuh. Namun, bagi para pebisnis atau orang dewasa lainnya, terkadang tidak bisa menghindari alkohol saat menghadiri pertemuan atau bersosialisasi. Hal ini tentunya menyulitkan beberapa orang yang sebenarnya tidak memiliki toleransi tinggi terhadap alkohol.

Minuman beralkohol biasanya akan membuatmu sering buang air kecil sehingga menyebabkan dehidrasi dan kehilangan elektrolit atau cairan tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menghidrasi tubuh dengan minum air yang banyak sebelumnya atau mengonsumsi makanan yang mengandung kalium karena dapat membantu mencegah ketidakseimbangan elektrolit.

Baca juga:

Keliru, Minum Alkohol Justru Membuat Orang Sulit Tertidur

Kamu juga bisa mengonsumsi buah berwarna kuning. Karena biasanya mengandung beberapa serat yang memperlambat penyerapan alkohol sehingga kamu tidak akan terlalu cepat mabuk. Untuk peminum dengan perut sensitif, biasanya pisang juga menawarkan efek antasida alami untuk membantu menghindari refluks dan ketidaknyamanan gastrointestinal lainnya.

Pisang bisa menetralisir rasa mabuk. (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)
Pisang bisa menetralisir rasa mabuk. (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Selain pisang, yogurth yang kaya protein akan membuat kamu kenyang dan mengisi perut. Yogurt adalah makanan populer lainnya yang dapat membantu pencernaan. Yogurt mengandung bakteri ramah yang disebut probiotik. Bakteri ini dapat membantu mencegah diare dan masalah lain yang terkait dengan sindrom iritasi usus besar.

Yoghurt tinggi protein, lemak dan karbohidrat sehingga akan membuat kamu kenyang untuk waktu yang lama karena protein dicerna dengan lambat dan penyerapan alkohol ke dalam tubuh menjadi lambat.

Baca juga:

Kecanduan Alkohol? Coba Tanyakan Hal ini pada Diri Sendiri

Salmon juga dapat membantu mengisi kembali nutrisi penting dan melawan peradangan karena mengandung vitamin B12, nutrisi penting yang diketahui berkurang dengan konsumsi alkohol sedang hingga tinggi.

Vitamin ini penting untuk produksi sel darah merah dan fungsi sistem saraf. Salmon dapat memperlambat laju penyerapan alkohol. Selain itu, asam lemak omega-3 dapat mengimbangi beberapa peradangan di otak dan tubuh yang terjadi akibat minum berlebihan.

Makanan berlemak bisa memperlambat penyerapan alkohol. (Foto: Unsplash/Jarritos Mexican Soda)
Makanan berlemak bisa memperlambat penyerapan alkohol. (Foto: Unsplash/Jarritos Mexican Soda)

Cobalah juga roti panggang alpukat dengan telur sebagai makan siang yang seimbang sebelum minum. Terlepas dari mitos bahwa karbohidrat akan menyerap alkohol berlebih, makan roti panggang biasa sebelum minum tidak akan banyak membuat hal itu terjadi.

Protein dan lemak sehat jauh lebih baik dalam menunda penyerapan alkohol karena dicerna lebih lambat daripada karbohidrat. Telur kaya akan protein, sedangkan alpukat kaya akan lemak sehat untuk jantung. Alpukat juga mengandung beberapa potasium untuk membantu menyeimbangkan elektrolit. (Tel)

Baca juga:

[HOAKS atau FAKTA] Jangan Makan Singkong dan Minum Alkohol Setelah Divaksin COVID-19

#Tips
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan