Beberapa Kesalahan 'Makeup' yang Bikin Kamu Lebih Tua Ketahui cara pengaplikasian riasan wajah yang tepat dan sesuai usiamu. (Foto: Pexels/Freestocks.org)

MERIAS wajah mampu meningkatkan kepercayaan diri, terlebih kaum perempuan. Merias wajah dilakukan ketika akan berpergian, tuntutan pekerjaan, hingga aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, banyak pemula yang keliru dalam mengaplikasikan produk wajah. Kesalahan itu bisa membuat tampilan wajah terlihat tak rapi, bahkan menua.

Baca Juga:

Yuk Tampil Cantik, Berikut Makeup Look yang Sedang Hits

Berikut ini beberapa kesalahan merias wajah sehingga yang bisa membuat kamu terlihat menua, dikutip dari laman The List.

1. Riasan alis tak sesuai

Gunakan produk alis yang sesuai bentuk wajah. (Foto: Pixabay/Claudio_Scott)
Gunakan produk alis yang sesuai bentuk wajah. (Foto: Pixabay/Claudio_Scott)

Bagi pemilik alis tipis, biasanya akan memakai produk tambahan untuk mempercantik riasan wajah. Gunakan produk alis yang sesuai dengan bentuk wajah dan rambutmu. Perhatikan warna dan alat bantu (brush) untuk menggambarnya.

Beberapa orang menerapkan teknik yang kurang tepat. Sebagai contoh, menggunakan produk alis berwarna hitam sedangkan rambut berwarna hitam. Lainnya, membingkai alis terlalu besar dan tebal. Akibatnya wajah tampak lebih tua.

Pilihlah produk alis dengan warna natural seperti coklat. Warna alis yang terlalu gelap atau hitam pekat akan memberikan kesan galak. Aplikasikan secara perlahan, jangan terlalu tebal. Untuk lebih terlihat natural, tambahkan produk eyebrow mascara.


2. Menghitamkan bawah mata

(Trivia 2) Menghitamkan bawah mata membuat tampilan wajah terlihat menua (Foto Unsplash Jamie Fenn)
Menghitamkan bawah mata membuat tampilan wajah terlihat menua. (Foto: Unsplash/Jamie Fenn)

Menambahkan warna di lingkaran bawah mata menjadikan tampilan wajah yang menua. Hal ini dikarenakan mata akan terlihat lebih kecil dan memperjelas garis-garis halus bawah mata. Tak hanya itu, pengaplikasian produk bawah mata yang berwarna hitam membuat wajah terlihat lebih galak.

Untuk menghindari perubahan wajah yang tampak lebih tua, bisa menambahkan produk bawah mata berwarna krem atau putih. Warna ini membuat tampilan mata terlihat lebih besar.

Baca Juga:

4 Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki Pria Kekinian


3. Contouring berlebihan

(Trivia 3) Hindari mengaplikasikan contour wajah yang berlebihan. (Foto: Pixabay/Gromovataya)
Hindari mengaplikasikan contour wajah yang berlebihan. (Foto: Pixabay/Gromovataya)

Tren contour dilakukan untuk mempertegas tampilan tulang wajah. Biasanya diaplikasikan pada tulang pipi, hidung, dagu, dan dahi. Berbagai merek ternama seperti Maybelline, L'Oreal, Urban Decay, Catrice dan lainnya menjual produk kontur wajah.

Sayangnya, banyak yang keliru saat mengaplikasikan produk contour wajah ini. Pengaplikasian produk kontur yang berlebihan membuat wajah terlihat lebih tua.

Untuk itu, penting untuk memahami cara pengaplikasiannya. Pertama-tama, pilihlah warna yang sesuai dengan kulit wajahmu. Aplikasikan sedikit demi sedikit hingga mendapat hasil yang sesuai keinginan. Jangan langsung banyak mengambil produk.


4. Ketidakcocokan warna lipstik

Hindari penggunaan warna lipstik yang terlalu gelap (Foto: Pixabay/Pexels)
Hindari penggunaan warna lipstik yang terlalu gelap. (Foto: Pixabay/Pexels)

Penggunaan produk pewarna bibir memengaruhi tampilan wajahmu. Hindari penggunaan warna lipstik yang terlalu gelap. Tak hanya itu, penggunaan lip liner atau produk mengukir garis bibir juga perlu diperhatikan. Hindari pemakaian yang melewati garis bibir. Guna menghindari perubahan bentuk wajah yang terlihat lebih dewasa. (dys)

Baca Juga:

Penampilan enggak Layu karena Berumur, ini Tips Kece di Usia Matang



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH