Film

Beberapa Kemenangan di Critics' Choice Awards yang Ubah Prediksi Oscar

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 18 Januari 2023
Beberapa Kemenangan di Critics' Choice Awards yang Ubah Prediksi Oscar
“Everything Everywhere All at Once” menangi lima nominasi dalam Critics’ Choice Awards. (Foto: Twitter/@dunkwun)

SEBERMULA, para sinefil tidak terlalu yakin akan memperhitungkan Everything Everywhere All at Once dalam ajang Academy Awards ke-95 mendatang. Namun, setelah film multiverse comedy produksi A24 ini berjaya di Critics' Choice Awards (CCA), prediksi Oscar pun berubah.

Everything Everywhere All at Once menangi lima nominasi dalam Critics’ Choice Awards yang berlangsung Minggu (15/1) malam. Mereka menyabet kategori Film Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik untuk Ke Huy Quan, Sutradara dan Skenario Orisinal untuk Daniel Kwan dan Daniel Scheinert, serta Editing untuk Paul Rogers.

Kemenangan tersebut dapat mengubah prediksi Oscar karena voting untuk menentukan nomine masih berlangsung dan baru ditutup Selasa kemarin (17/1).

CCA, yang digelar selama tiga jam itu, mengumumkan nama-nama pemenang yang berbeda dari Golden Globes yang berlangsung beberapa hari sebelumnya (11/1). Golden Globes, yang diselenggarakan Hollywood Foreign Press Association, memunculkan The Fabelmans dan The Banshees of Inisherin sebagai para pemenang.

Baca juga:

‘Pachinko’ Menang di Critics’ Choice Awards 2023

cca oscar
Setelah merebut best actor dalam Critics’ Choice Awards, Brendan Fraser akan sulit dikalahkan dalam Oscar. (Foto: Twitter/@FilmUpdates)

Kedua film itu malah hampir tidak terdengar di CCA. Fabelmans hanya mendapatkan kemenangan dalam nominasi Aktor Muda untuk Gabriel LaBelle. Banshees malah lebih parah. Tak satu pun kemenangan untuknya.

Namun, ada juga kemenangan berulang dalam CAA dan Globes. Antara lain untuk Angela Bassett dan Quan dalam kategori Aktris dan Aktor pendukung. Lalu Cate Blanchett untuk Aktris Terbaik. Terakhir, Lagu Orisinal untuk film “RRR" berjudul Naatu Naatu.

Selain menguatkan posisinya dalam kategori Best Picture, kemenangan Everything Everywhere All at Once di CAA duo ikut mengerek nama sutradara Daniels dalam Oscar. Melihat Daniels mengalahkan sutradara sekelas Steven Spielberg (The Fabelmans) tentunya akan sangat menggemparkan.

"Saya enggan memprediksi duo auteur dalam kategori tersebut. Tetap saja, akan tragis melihat mereka tersingkir, terutama mengingat mereka memimpin prekursor dengan hampir dua lusin kemenangan musim ini," tulis Variety's Senior Awards Editor, Clayton Davis dalam variety.com.

Baca juga:

'Everything Everywhere All at Once' Berjaya, ini Daftar Pemenang Critics’ Choice Awards 2023

cca academy award
Michelle Yeoh dan Cate Blanchett di belakang panggung Critics’ Choice Awards. (Foto: Twitter/@brcblanchett)

Prediksi Kategori Akting

Dengan kemenangannya di CCA, Brendan Fraser akan sulit dikalahkan. Kemenangan aktor utama dalam The Whale ini diikuti dengan ucapan terima kasih penuh emosi. “Bangkit dengan kedua kakimu, dan berjalanlah menuju cahaya,” katanya, hingga memukau hadirin.

Namun, calon nomine Oscar lain seperti Austin Butler (Elvis) dan Colin Farrell (The Banshees of Inisherin) yang keduanya memenangi Golden Globes, masih akan menjadi saingan kompetitif dalam kategori Best Actor. Mana yang akan menang di Screen Actors Guild (SAG) akan menjadi penentu yang signifikan.

Sementara itu untuk Aktris Terbaik, Cate Blanchett bisa saja menang tapi ucapan terima kasihnya dalam CAA terdengar berlebihan. Blanchett yang menang untuk Tár mengkritik industri perfilman AS dengan meminta agar perlombaan memperebutkan penghargaan yang dijadikan tontonan ini dihentikan saja.

Blanchett merupakan pemenang Oscar dua kali untuk The Aviator (2004) dan Blue Jasmine (2013). Dia juga memiliki potensi besar untuk Oscar ketiga, capaian akting yang hanya bisa dimiliki oleh tujuh orang dalam sejarah.

Meskipun demikian, kemungkinan perempuan kulit berwarna memenangkan kategori Best Actress juga masih besar. Dalam 94 tahun Oscar, hanya ada satu perempuan kulit hitam, yaitu Halle Berry, yang menang Aktris Terbaik.

Belum pernah ada perempuan Asia atau Latina yang menang. Dengan demikian, Michelle Yeoh masih menjadi saingan terkuat. Mana yang akan lebih unggul juga dapat dilihat sebelumnya di SAG. (aru)

Baca juga:

Lee Jung-jae Jadi Aktor Korea Pertama Menangi Critics' Choice Awards

#Oscar #Academy Awards #Penghargaan Film
Bagikan
Bagikan