Beberapa Karakter Klon dari Spider-Man di Dalam Komik Spider-Man (Sumber: Ist)

BELAKANGAN karakter superhero Spider-Man menjadi perbincangan para fan. Hal itu karena Sony dan Marvel Studios tidak mencapai kesepakatan. Akibatnya, film-film sang manusia laba-laba kedepannya terancam tidak melibatkan Marvel Studios.

Tapi kali ini kita tidak membahas nasib Spider-Man di dunia film. Hal yang akan kita bahas kali ini adalah para klon dari Peter di dalam komik. Di universe utama alias Earth-616, punya banyak klon Spider-Man. Beberapa diantaranya baik, tapi ada pula yang memiliki sifat jahat.

Baca juga: Yondu akan Hadir di Fast & Furious 9

Nah, dilansir laman Penggemarvel.net, berikut ini beberapa klon dari Peter Parker alias Spider-Man.

1. Kaine Parker

Kaine Parker (Sumber: Reddit)
Kaine Parker (Sumber: Reddit)

Karakter ini pertama kali muncul di komik Web of Spider-Man #119, Desember 1994. Kaine adalah salah satu klon Peter yang dibuat oleh Jackal. Awalnya proses klon untuk Kaine sukses, namun dipertengahan jalan menjadi cacat. Hal itu membuat Kaine tidak stabil secara mental. Nama hero Kaine saat ini adalah Scarlet Spider.

2. Spidercide

Spidercide (Sumber: Ist)
Spidercide (Sumber: Ist)

Sama seperti Kaine, Spodercide adalah klon hasil eksperimen Jackal. Karakter ini muncul pertama kali di Amazing Spider-Man #399 bulan Maret 1995. Sayangnya Usia Spidercide tak lama, lima bulan setelah kemunculannya ia tewas pada komik Spider-Man: Maximum Clonage #Omega.

3. Guardian

Guardian (Sumber: Comicbook)
Guardian (Sumber: Comicbook)

Guardian adalah salah satu eksperimen Jackal yang berhasil. Pada awalnya ia terkunci pada pod statis, mirip kapsul untuk digunakan jika sesuatu mendesak. Jackal kemudian melepaskan makhluk klonnya itu untuk menghajar Peter, Kaine, dan Ben. Karakter ini muncul di komik Web of Spider-Man #122, Maret 1995 dan tewas di Amazing Spider-Man #399 pada bulan dan tahun yang sama.

Baca juga: Akankah Spider-Man versi Tom Holland Jadi Kegagalan Ketiga Seri Spider-Man?

4. Jack

Jack (Sumber: Comicbook)
Jack (Sumber: Comicbook)

Muncul di komik Web of Spider-Man #122, ia adalah klon yang menderita degenerasi klon dan sebagian tubuhnya. Hal itu membuat Jack bertubuh kerdil dan berambut botak. Ia awalnya setia ke Jackal, namun berbalik menjadi pahlawan. Sayangnya ia tewas secara tragis di tangan penciptanya pada komik Web of Spider-Man #123 April, 1995.

5. Ben Reilly

Ben Reilly (Sumber: Ist.)
Ben Reilly (Sumber: Ist.)

Klon ini pertama muncul di bulan Oktober 1975 di komik Amazing Spider-Man #149. Keidupan Ben Reilly cukup sedih. Setelah sadar dirinya adalah makhluk klon, Reilly hidup menyendiri. Ia sempat menjalin kasih dengan seorang mahasiswa namun kandas. Ben Beilly juga pernah diburu segerombolan mafia saat tinggal di Italia. Terakhir ia muncil di komik Free Comic Book Day Vol 2016 Captain #America tahun 2016 dengan mengambil nama The Jackal.

6. Spider-Doppelganger

Spider-Doppelganger (Sumber: Penggemarvel.net)
Spider-Doppelganger (Sumber: Penggemarvel.net)

Berbeda dengan klon lainnya, Spider-Doppelganger merupakan makhluk ciptaan Magus. Mahkluk berlengan enam ini adalah sosok yang sangat jahat dan tidak memiliki pikiran baik. Spider-Doppelganger pertama kali muncul di The Spectacular Spider-Man #231 bulan Februari 1996.

Baca juga: Apakah Spider-Man Pergi untuk Selamanya dari MCU?


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH