ICRC 2022

Beberapa Hal yang Harus Dimiliki Roaster Andal

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 20 Januari 2022
Beberapa Hal yang Harus Dimiliki Roaster Andal
Ada yang harus dimiliki seorang roaster.(foto: MP/Dicke Prasetia)

SPEKTRUM dunia kopi sangat luas. Ada banyak ilmu baru yang kita bisa selami mulai dari brewing hingga roasting. Salah satu teknik yang butuh usaha keras dan jam terbang tinggi adalah roasting kopi. Roaster Profesional dan Ketua Indonesia Coffee Roasting Championship (ICRC) 2022, Andrew Tandra berpesan jadi roaster bukan pekerjaan yang sekedar pengin.

"Intinya, kalau mau jadi roaster jangan sekedar pengin doang, It is tiring, boring. Kelihatannya keren dan cool tetapi kalo udah 20 batch perhari udah enggak keren lagi. Udah basah kuyup karena panas kan depan mesin," ujarnya saat ditemui merahputih.com dalam kompetisi ICRC 2022 yang digelar di Papa & Mama Bistro and Coffee, Jakarta Barat.

Baca juga:

Siap-Siap, Indonesia Coffee Roasting Championship 2021 Digelar Juli ini

Dirinya juga menambahkan seorang roaster harus punya konsistensi untuk bisa menghasilkan rasa kopi yang konsisten dan stabil. "Kita harus seperti robot. Very consistent," tuturnya.

Demi menjaga konsistensi rasa, Andrew mengungkapkan bahwa roaster harus tahu batas maksimal dirinya sendiri. Dalam case-nya, Andrew tidak akan mengambil terlalu banyak kopi jika sudah merasa lelah karena khawatir akan menurunkan kualitas dari rasa kopi yang dihasilkan.

Ketua ICRC 2022 Andrew Tandra memberikan pendapat bagaimana menjadi seorang roaser.(foto: MP/Dicke Prasetia)
Ketua ICRC 2022 Andrew Tandra memberikan pendapat bagaimana menjadi seorang roaster.(foto: MP/Dicke Prasetia)

"Saya dan roaster lainnya enggak ambil lebih dari 10 batch perhari karena capek kan lihatin komputer lihatin beans. Maksimal banget 15 batch. Di atas 15 itu udah ngaco. Daripada buat kesalahan lebih baik tukar orang," ungkapnya.

Poin lainnya yang harus dilakukan untuk menjadi roaster andal adalah dengan lebih sering interaksi dengan green beans. "Kembali lagi, di kehidupan nyata beans datang kita enggak pernah tahu kondisi dari beans-nya. Meskipun kita pesan dari tempat yang sama. Misalnya, saya pesan kopi Kerinci. Green beans yang datang dari Kerinci kemarin sama hari ini bisa berbeda but you gonna be ready, you gonna be able cope with that and still produce good coffee," urainya.

Baca juga:

Karakter Roaster yang Dicari di Indonesia Coffee Roasting Championship 2022

Selain mengenal berbagai green beans harus punya pendekatan dengan berbagai macam processing. "Sekarang processing coffee udah bermacam-macam. Jadi harus update terus. Udah enggak cuma washed, natural honey. Dengan sering roasting bermacam kopi dan sering nyobain maka semakin banyak perbendaharaan dan approach-nya. Dalam dunia roasting enggak ada yang benar atau salah. Banyak jalan menuju Roma," tuturnya.

Ia juga membagikan roasting kopi investmentnya besar. Bukan hanya memiliki mesin terbaik, ia juga merekomendasikan software khusus roasting. Selain punya mesin yang bagus punya software yang bagus. Misalnya, international software cropster.

Seorang roaster harus punya konsistensi untuk bisa menghasilkan rasa kopi yang konsisten dan stabil. (Foto: MP/Dicke Prasetia)
Seorang roaster harus punya konsistensi untuk bisa menghasilkan rasa kopi yang konsisten dan stabil. (Foto: MP/Dicke Prasetia)

"Kita bisa lihat curve-nya, temperatur berapa, segala macam. Ibaratnya kita jalan tapi ada tuntunannya," terang Andrew. Menurutnya, software adalah asuransi untuk menjamin kualitas kopinya. "Take it as insurance. Jadi kita tahu apa yang kita kerjain. Lebih aman, kita enggak asal. Walaupun sudah jago butuh guidance," ucapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan hal penting untuk menjadi seorang roaster adalah mengubah mindset kita bukan untuk berorientasi pada uang. "Hitung baik-baik. Kalau cuma mau supply dan cari uang sudah salah. Saya rasa semua bisnis artisan kalau orientasinya udah duit udah salah sih. Kalau mindset kita serving something best, very tasty orang akan datang," urainya. (Avia)

Baca juga:

Mengenal 2 Biji Kopi Spesial dari Filosofi Kopi di Jacoweek 2021

#Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan