Beberapa Fakta Kesehatan Dari Biji  Tomat Biji tomat punya segudang manfaat (Sumber: Pixabay/monicore)

SIAPA yang tidak tahu dnegan tomat, buah berwarna merah jika matang ini sering dijadikan bahan pelengkap masakan. Misalnya pada nasi goreng yang kerap disuguhkan dengan beberapa iris tomat. Tomat juga bisa dijadikan saus hingga jus.

Namun di balik itu, tomat sebenarnya keajaiban yang nyata. Kulit, biji dan daging tomat dapat dikonsumsi karena banyak manfaatnya bagi kesehatan. Misalnya biji tomat yang sudah mengalami pengeringan dan dijadikan bubuk memiliki manfaat kecantikan.

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa manfaat biji tomat untuk kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Membantu sirkulasi darah

Biji tomat bisa membantu sirkulasi darah (Sumber: Pixabay/stevepb)
Biji tomat bisa membantu sirkulasi darah (Sumber: Pixabay/stevepb)

Menurut beberapa uji klinis dan profesional kesehatan di Eropa, gel alami yang ditemukan pada luar biji tomat bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dengan sirkulasi yang bagus, maka akan emminimalisir penggumpalan darah.

2. Mencegah pembekuan darah

Bisa mencegah pembekuan darah (Sumber: Pixabay/Bru-nO)
Bisa mencegah pembekuan darah (Sumber: Pixabay/Bru-nO)

Dalam penelitian lainnya, biji tomat memiliki sifat seperti aspirin yang mampu mengurangi risiko pembekuan darah. Bagusnya, mengonsumsi biji tomat lebih sehat dibandingkan mengonsumsi aspirin. Karena biji tomat tidak akan menimbulkan efek samping seperti pendarahan di lambung dan bisul.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Baik untuk jantung (Sumber: Pixabay/Bru-nO)
Baik untuk jantung (Sumber: Pixabay/Bru-nO)

Meskipun tidak ada penelitian khusus untuk mendukung klaim ini, dampak biji tomat dalam meningkatkan kesehatan jantung bisa dikaitkan dengan diet Mediterania. Diet ini mengharuskan seseorang mengonsumsi makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Seseorang yang menjalani diet ini terbukti memiliki jantung sehat.

4. Bagus untuk pencernaan

Bagus untuk pencernaan (Sumber: Pixabay/diapicard)
Bagus untuk pencernaan (Sumber: Pixabay/diapicard)

Biji tomat telah dinyatakan memiliki jumlah serat yang cukup, sehingga sangat penting untuk membantu pencernaan. Selain itu, biji tomat juga mengandung sejumlah besar asam amino dan TMEn yang dapat dicerna. Dengan kandungan ini pencernaanmu menjadi lebih lancar.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH