Beberapa Alternatif Ampuh untuk Tepis Kebiasaan Merokok Banyal jalan untuk berhenti merokok. (Foto: pixaba/myriams-fotos)

KEBIASAAN merokok memang sudah ada sejak zaman dahulu, yang didominasi oleh pria. Menurut beberapa penelitian, kebiasaan itu memang cukup buruk dan berbahaya bagi kesehatan.

Menurut laman Genius Beauty, setiap tahunnya, di Amerika Serikat lebih dari 440.000 orang meninggal akibat penyakit yang disebabkan oleh merokok.

Merokok tidak baik untuk kesehatan. (Foto: Pixabay/hansmartinpaul)

Melihat angka kematian yang cukup fantastis akibat dari merokok itu. Mendorong orang-orang mencari alternatif yang lebih aman.

Seperti apa alternatifnya? Berikut ini 4 alternatif yang bisa menghilangkanmu dari kebiasaan merokok.

1. Terapi Pengganti Nikotin

Ada banyak pengganti tembakau yang dapat kamu gunakan untuk membantumu berhenti merokok. Ini termasuk permen nikotin, patch, aerosol nikotin, Zyban dan inhaler. Itu akan membantumu membeaskan diri dari nikotin dengan memberi tubuh nikotin yang sangat ditubuhkan untuk dimiliki, namun tanpa racun yang berbahaya.

Terapi penggantian nikotin tersebut merupakan bentuk perawatan yang menipu tubuh untuk merasa seperti kamu masih merokok. Sangat penting dalam tahap awal ketika kamu telah bersiap untuk sepenuhnya ingin menghilangkan asupan nikotin dari kehidupanmu.

2. Vaping

Sementara orang banyak yang memilih pergi untuk berobat, rokok elektrik atau vape dapat membantu seseorang untuk menghindari rokok tembakau. Banyak yang kemudian menggunakan vape untuk berhenti merokok. Vape akan memberikan pengalaman merokok klasik.

Dalam vaping, cairan dipanaskan untuk menghasilkan uap bukan asap. Disini vaping juga melindungi kamu dari merusak paru-paru dan merupakan alternatif yang bersih untuk merokok.

3. Minum Banyak Cairan

Alasa utama tak dapat berhenti merokok karena nikotin. Salah satu solusinya ialah lebih banyak mengonsumsi banyak cairan yang membantumu untuk berhenti merokok. Cairan akan membantu membersihkan racun yang terakumulasi dalam tubuh dari waktu ke waktu karena merokok. Proses pembersihan dapat membantumu agar merasa lebih baik dan dapat mengurangi keinginan untuk nikotin.

4. Olahraga

Saat keinginan untuk merokok menghampirimu, disarankan untuk pergi ke tempat gym atau bersepeda. Berolaharaga dapat memompa detak jantung kamu dan mendorong pikiranmu menjauh dari hastrat nikotin.

Ini merupakan solusi sempurna yang membantu paru-paru kamu menjadi lebih sehat. Tapi jangan memaksakan diri melakukan olahraga berat langsung dari berhenti merokok. Prosesnya memang bertahap, kamu harus beristirahat beberapa menit berjalan untuk membantu menenangkan stres.

Nah itu dia beberapa alternatif untuk membuatmu berhenti merokok, semoga bermanfaat yah guys!. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Video Jokowi "Goyang Dayung" di Pembukaan Asian Games Jadi Viral

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH