Kesehatan Mental

Beberapa Aktivitas Mindfulness Ini Membantu Meredakan Stres

annehsannehs - Senin, 07 Juni 2021
Beberapa Aktivitas Mindfulness Ini Membantu Meredakan Stres
Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan menenangkan. (Foto: Unsplash/Frank Busch)

DI tengah jadwal harian nan padat, tentu kita membutuhkan sedikit ketenangan agar bisa menjalani hari-hari dengan lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan beberapa aktivitas kecil yang menenangkan.

Dilansir dari Healthline, beberapa praktik mindfulness ini bisa membantu meredakan stres, menenangkan kecemasan, dan membuat kita bisa lebih menikmati dan terlibat dalam kehidupan.

Baca juga:

Pentingnya Bangun Pagi Untuk Kesehatan Mental

Aktivitas mindfulness ini pun tergolong simpel dan bisa dilakukan oleh semua orang di segala usia. Aktivitas mindfulness untuk orang dewasa yang paling banyak dilakukan adalah walking meditation atau meditasi berjalan.

Seperti namanya, meditasi berjalan adalah bentuk meditasi yang kamu praktikkan sambil berjalan, baik berjalan lurus atau membentuk lingkaran. Kamu bisa melakukannya di mana saja, bisa saat berjalan ke kantor, mengitari komplek, atau ketika mengajak anjing peliharaanmu di taman.

Selanjutnya, kegiatan menyetir pun bisa menjadi aktivitas mindfulness. Ketika mengendarai mobil, kamu bisa fokus pada berat kendaraan yang kamu bawa, tekstur jalan, suara ban yang menempel kerikil, dan lain-lain. Kemudian, kamu juga bisa mencoba untuk lebih teliti dan memindai lingkunganmu.

Matikan lagu dan perhatikan jalan dengan benar.  (Foto- pixabay/Free-Photos)
Matikan lagu dan perhatikan jalan dengan benar. (Foto: pixabay/Free-Photos)

Kamu bisa memperhatikan kendaraan lain, lampu jalan, pejalan kaki, serta medan tempat kamu menyusuri jalan. Dengan mindful driving, kamu juga bisa menjadi pengendara mobil yang semakin andal.

Baca juga:

Posisi yang Benar Menyetir Mobil

Kemudian, lakukan kegiatan makan dengan cara yang lebih nikmat dan santai yaitu mindful eating. Mindful eating merupakan salah satu cara untuk membuat segala aktivitas sehari-hari sebagai praktik mindfulness. Caranya, kamu bisa mengunyah dengan perlahan dan merasakan tiap gigitannya. Jangan buru-buru seperti orang belum makan seminggu.

Makan dengan perlahan-lahan. (Foto- Pixabay/RitaE)
Makan dengan perlahan-lahan. (Foto: Pixabay/RitaE)

Perhatikan rasa, aroma, dan tekstur dari makanan yang kamu konsumsi. Sebaiknya, jauhi benda-benda elektronik seperti televisi atau ponsel ketika kamu sedang makan. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus menikmati santapan kamu. (shn)

Baca juga:

4 Tanda Kamu Kurang Memanfaatkan Waktu Istirahat

#Kesehatan #Kesehatan Mental #Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan