Bebek Timbungan Menu Bali Paling Tradisional Bebek timbungan. (Foto: instagram.com/happyfoodfoodies)
indonesiaku-singlepost-banner-2
indonesiaku-singlepost-Mobile-banner-7

BALI merupakan salah satu destinasi wisata dunia di Indonesia. Pulau Dewata menyajikan keindahan alam terutama pantai-pantainya yang terkenal ke seluruh dunia. Bali juga punya ciri khas budaya yang menarik perhatian para pelancong.

Selain daya tarik budaya dan alamnya, Bali juga merupakan surga kuliner. Selain sajian dari berbagai daerah dan negara, kuliner khas Bali juga tak pernah tergeser di mata para pelancong. Salah satunya kuliner tradisional dari Bali incaran para pelancong yaitu bebek timbungan.

1. Bebek timbungan terkenal di kalangan wisatawan

Bebek timbungan dalam bambu. (Foto: instagram.com/annevbl)
Bebek timbungan dalam bambu. (Foto: instagram@annevbl)


Wisatawan yang berkunjung ke Bali tidak saja menikmati suguhan seni budaya dan pemandangan alam, tapi juga menikmati makanan khas Pulau Dewata, yakni menu bebek timbungan.

"Dalam menyambut kunjungan wisatawan maupun warga lokal, kami menyediakan kuliner khas Bali, salah satunya bebek timbungan," kata Ana Dewi Permana dari Restoran Bebek Timbungan-Balinese Heritage Cuisine di Seminyak, Kuta, Bali, seperti dilansir Antara.

2. Bebek timbungan sajian tertua di Bali

Bebek timbungan dalam bilah bambu. (Foto: instagram.com/kiranabalitravel)
Bebek timbungan dalam bilah bambu. (Foto: instagram@kiranabalitravel)

Menurut Ana Dewi, menu bebek timbungan merupakan salah satu sajian terkenal dan tertua khas Pulau Dewata. Dirunut dari sejarah, menu bebek timbungan disajikan kepada raja-raja atau pejabat tinggi saat meggelar pesta pada zaman dahulu.

Pada mulanya bebek timbungan hanya dihidangkan pada ritual upacara adat Bali saja. Dikutip dari naskah kuno "Dharma Caruban", salah satu menu Bali yang paling tradisional dalam upacara ritual adalah timbungan. Timbungan sendiri berasal dari kata "embung atau timbung" yakni rebung bambu atau bambu muda.

"Jadi, bebek timbungan adalah hidangan daging bebek yang dimasak dengan bumbu basa genep (racikan bumbu utama khas Bali) menggunakan bilah bambu muda. Bebek Timbungan menjadi kuliner Bali yang harus dicoba jika berlibur ke Bali," katanya.


3. Makanan jadul dengan penyajian kekinian

Bebek timbungan dalam bilah bambu. (Foto: instagram.com/made_arista_jab)
Bebek timbungan dalam bilah bambu. (Foto: instagram@made_arista_jab)


Bebek timbungan merupakan warisan leluhur yang patut dijaga. Tapi kini, untuk menarik minat para wisatawan terutama kalangan muda, sajian tradisional tak melulu harus kolot apalagi sampai tak menggugah selera.

Di Restoran Bebek Timbungan-Balinese Heritage Cuisine, bebek timbunga selalu menampilkan ciri khas berbeda. Bahkan timbungan (terbuat dari rebung bambu) disajikan juga dengan menarik.

Meski makanan tradisional yang dahulu ekslusif, bebek timbungan kini bisa dinikmati semua kalangan. "Namun seiring perkembangan zaman, makanan atau menu bebek timbungan kini semua orang bisa menikmati ala makanan khas tempo dulu," ujar Ana Dewi. (*)

Kredit : zulfikar

indonesiaku-singlepost-Mobile-banner-3

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


indonesiaku-singlepost-banner-4
indonesiaku-singlepost-banner-5
indonesiaku-singlepost-banner-6