Bebek Songkem, Sajian Tradisional Berawal dari Penghormatan kepada Para Kiai Bebek songkem bentuk sebuah penghormatan. (Foto: instagram@kuliner.sampang)

PULAU Madura terletak di timur Pulau Jawa, dipisahkan oleh Selat Madura. Pulau berpenduduk sekitar 4 juta jiwa ini didiami mayoritas suku Madura. Tak hanya punya banyak pantai indah, Madura juga merupakan salah satu daerah surga kuliner di Jawa Timur.

Salah satu yang wajib kamu coba ketika berwisata ke Pulau Madura yaitu bebek songkem. Bagi kamu pencinta olahan bebek, makanan ini wajib kamu coba. Bebek songkem merupakan salah satu buruan wajib para food traveller ke Tanah Raden Segara.

Bebek songkem tepatnya dari daerah Sampang. Sampang merupakan salah satu kabupaten dari empat kebupaten di Pulau Madura. Daerah ini terletak di bagian tengah pulau dan dapat diakses baik malalui jalur laut maupun menyeberang lewat Jembatan Surbaya-Madura.

Bebek songkem. (Foto: instagram.com/ellenyuniwanti)
Bebek songkem. (Foto: instagram@ellenyuniwanti)

Citarasa bebek songkem diakui sangat enak. Bebek songkem diolah dengan proses cukup panjang dengan beragam bumbu rempah yang banyak. Bebek songkem dimasak dengan cara dikukus.

Pembuatan bebek songkem pertama-tama bebek dipotong dan dibersihkan. Bumbu-bumbu khas bebek songkem semua dihaluskan dan dilumuri ke seluruh bagian. Setelah itu dibungkus atau dialasi daun pisang. Baru dikukus hingga daging matang dan bumbu benar-benar meresap.

Kata songkem sendiri merupakan bahasa Madura untuk sungkem. Bebek songkem berarti bebek untuk dipersembahkan. Kem-songkem misalnya berarti sesuatu yang diserahkan untuk persembahan. Konon, penamaan bebek songkem berawal tentang kebiasaan para orang tua yang memberikan penghormatan kepada para kiai di kampung.

Bebek songkem. (Foto: instagram.com/pemakusalo_kho_purwanto_k)
Bebek songkem. (Foto: instagram@pemakusalo_kho_purwanto_k)

Biasanya para orang tua memberikan sajian bebek spesial untuk dibawa kepara para kiai yang mengajarkan mengaji pada anak-anak mereka. Buah tangan itu sebagai tanda hormat. Bebek terbaik diolah dengan beragam rempah. Dari sana kemudian muncul sebutan bebek songkem atau bebek sungkem. Bebek-bebek itu diberikan kepada para kiai sebagai tanda hormat mereka.

Kalau kamu jalan-jalan ke Pulau Madura, tak lengkap mengikmati sajian tradisionalnya tanpa memasukkan bebek songkem. Bebek songkem tak hanya terkenal di Madura, tapi juga ke luar pulau. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Nasi Jagung, Sajian Legendaris dari Pulau Madura

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH