Bebaskan Siti Aisyah, TKN: Jokowi Berikan Bukti Bukan Janji

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Selasa, 12 Maret 2019
Bebaskan Siti Aisyah, TKN: Jokowi Berikan Bukti Bukan Janji
Penyerahan Siti Aisyah ke Keluarga. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin, Abdul Kadir Karding menilai, kebebasan Siti Aisyah dari tuduhan membunuh Kim Jong Nam adalah angin segar bagi perlindungan para pekerja migran Indonesia di luar negeri.

Menurut Karding, hal ini menunjukkan komitmen yang serius dari pemerintah melindungi dan menjaga warga negaranya di dalam maupun di luar negeri.

"Sejak kasus penangkapan Siti Aisyah terjadi pada 2017 Pak Jokowi telah memberi perhatian yang sungguh2 dan memerintahkan jajarannya untuk menyelamatkan Aisyah," kata Karding di Jakarta, Selasa (12/3).

Siti Aisyah (kanan) di pengadilan Sepang, Malaysia. (ANTARA FOTO/Reuters/stringer)
Siti Aisyah (kanan) di pengadilan Sepang, Malaysia. (ANTARA FOTO/Reuters/stringer)

Menurut Karding, salah satu usaha serius Jokowi untuk pembebasan Aisyah saat ia bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia pada 29 Juni 2018 di Istana Bogor. Saat itu Jokowi meminta Mahatir Muhammad untuk melindungi para pekerja migran Indonesia di Malaysia.

"Bukan hanya bersungguh-sungguh dalam memberikan jaminan perlindungan hukum bagi pekerja migran, Pak Jokowi juga memikirkan bagaimana kesejahteraan para pekerja migran di luar negeri dan keluarganya terjamin," papar Karding.

Jokowi, lanjut Karding, bahkan memikirkan bagiamana pendidikan anak pekerja migran yang ditinggal orang tuanya.

Ia misalnya mendorong pembentukan pusat pembelajaran masyarakat ( Community Learning Center) di Malaysia diperluas.

"Pak Jokowi juga terus mendorong upaya penciptaan lapangan kerja di Tanah Air agar jumlah pekerja migran di Indonesia semakin berkurang jumlahnya. Ini karena ia ingin memastikan anak-anak bisa tetap mendapat perhatian dan kasih sayang yang utuh dari orang tuanya;' jelas Karding.

Karding yakin, pembebasan Siti Aisyah menunjukkan bahwa negara di bawah pemerintahan Jokowi akan selalu hadir guna menyelesaikan persoalan rakyat di mana pun berada.

"Termasuk para buruh migran," pungkas Karding yang juga politikus PKB ini. (Knu)

Baca Juga: Pemerintah Serahkan Siti Aisyah ke Pihak Keluarga

#Siti Aisyah #Kim Jong Nam #Joko Widodo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan