Bebas Visa di 190 Negara, Paspor Jepang Paling Hebat Paspor Jepang memberikan pemegangnya akses bebas visa ke 190 destinasi dunia. (foto: japantoday)

TRAVELING bisa jadi merupakan bentuk kebebasan. Saat traveling, kamu bebas dari rutinitas harian yang membosankan. Namun, bukan berarti kamu bisa traveling ke sana-kemari tanpa urusan lo ya. Saat melancong ke luar negeri misalnya. Kamu tetap harus melengkapi beberapa dokumen perjalanan yang dibutuhkan. Paspor jadi hal yang wajib kamu lengkapi.

Paspor memungkinkan kamu masuk ke suatu negara. Tentunya dengan terlebih dahulu mengurus izin tinggal berupa visa ya. Beberapa negara punya kebijakan bebas visa sehingga pemegang paspor mereka punya kebebasan dan kemudahan lebih untuk melancong.

Nah, dalam hal 'kehebatan' paspor untuk mendapat bebas visa, Jepang jadi juaranya. Dalam sebuah laporan yang dipublikasikan pada Selasa (9/10), Jepang menjadi negara dengan akses bebas visa terbanyak.

Henley Passport Index, yang disusun firma konsultan kewarnegaraan dan penduduk Henley Henley & Partners Citizens, menyebut pemengang paspor Jepang dapat menikmati bebas visa di 190 negara. Jumlah itu dicapai setelah 'Negeri Matahari Terbit' menyepakati bebas visa dengan Myanmar, awal bulan ini.
Dengan jumlah yang sedemikian banyak, Jepang ada di posisi pertama dan berhak disebut sebagai 'passpor terhebat'. Di posisi kedua, ada Singapura yang menawarkan pemegang paspor mereka bebas visa di 189 negara dunia. Jerman yang memulai 2018 di posisi teratas hanya menduduki posisi ketiga dengan angka 188 destinasi. Jumlah destinasi itu sama dengan yang ditawarkan paspor Prancis dan Korea Selatan.

Sementara itu, negara dengan paspor terhebat pada 2015, yaknin Amerika Serikat dan Inggris harus puas ada di posisi kelima. Keduanya punya akses bebas visa ke 186 destinasi dunia. Tak adanya penambahan kesepakatan bebas visa yang mereka buat tahun ini membuat posisi mereka akan meroket ke puncak.


Capaian dan lompatan terbesar

passport
Tiongkok dan Uni Emirat Arab mencatat kemajuan pesat. (foto: pixabay/cytis)

Seperti halnya Jepang yang baru saja menambah satu destinasi bebas visa bagi warga negaranya, Prancis juga mencapai kesepakatan bebas visa dengan Uzbekistan pada 5 Oktober lalu. Sebelumnya, warga Prancis sudah menikmati bebas visa ke Jepang dan Singapura sejak February lalu. Sementara itu, Korea Selatan memperoleh bebas visa ke Myanmar pada 1 Oktober lalu.

Lompatan tertinggi dalam hal indeks kehebatan paspor ini diraih Uni Emirat Arab. Negara di Timur Tengah itu meluncur dari posisi 62 di 2006 ke posisi 21 tahun ini. Tiongkok juga punya kisah sukses serupa. 'Negeri Tirai Bambu' kini ada di posisi 71, meningkat 14 posisi sejak awal 2017. "Hasil yang mengejutkan ini mengindikasikan bahwa sebuah negara bisa mencapai sesuatu jika bekerja sama dengan rekan global mereka dalam membangun dunia yang terhubung dan terkolaborasi," ujar Group Chairman of Henley & Partners Christian H Kalin dalam sebuah pernyataan yang dirilis CNN Travel.

Ia juga menyebut Tiongkok dan Uni Emirat Arab merupakan contoh untuk usaha tersebut. Sebagai bukti, mereka menjadi negara dengan pencapaian tertinggi jika dibandingkan dengan pencapaian mereka di 2017. "Itu murni merupakan hasil dari hubungan kuat yang mereka bangun dengan negara partner di seluruh dunia," imbuhnya.

paspor Indonesia
Pemegang paspor Indonesia bisa menikmati bebas visa di 73 destinasi. (foto: pikniek)

Dari daftar yang dirilis, negara-negara di daftar 10 besar punya 180-190 akses bebas visa. Jumlah itu amat jauh dari jumlah akses bebas visa yang dipunya Indonesia. Pemegang paspor Indonesia hanya bisa bebas visa di 73 negara dunia. Hal itu menempatkan Indonesia di posisi 72 pada daftar Henley Passport Index 2018. Peringkat itu naik dari posisi 79 tahun lalu. Destinasi bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia di antaranya Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, dan Finlandia.

Berikut daftar 10 besar 'paspor terhebat' versi Henley Passport Index 2018.

1. Jepang: 190
2. Singapura: 189
3. Jerman, Prancis, Korea Selatan: 188
4. Denmark, Finlandia, Italia, Swedia, dan Spanyol: 187
5. Norwegia, Inggris, Austria, Luksemburg, Belanda, Portugal, dan Amerika Serikat: 186
6. Belgia, Swiss, Irlandia, dan Kanada: 185
7. Australia, Yunani, Malta: 183
8. Selandia Baru, Czech Republic: 182
9. Islandia: 181
10. Hongaria, Slovenia, dan Malaysia: 180.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH