Bebas Sembelit saat Puasa dengan Cara Jitu Ini Cegah sembelit saat puasa (Foto: Pixabay/derneumann)

SUPAYA lancar ke 'belakang' kamu harus banyak minum air putih dan mengonsumsi banyak serat. Namun, saat berpuasa tentu pola makan kamu berubah. Air minum yang dikonsumsi pun berkurang dari hari biasanya. Enggak mengeherankan akhirnya kamu bisa sembelit.

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi saat frekuensi BAB kamu berkurang dalam satu minggu. Jika dalam satu minggu kamu enggak BAB sampai tiga kali, tandanya kamu tengah mengalami kondisi sembelit. Demikian melansir dari laman Alodokter.

Perut kamu pun akan terasa penuh saat sembelit. Sekalinya dapat BAB, kotoran pun akan terasa keras. Pokoknya enggak enak banget deh kondisi sembelit itu.

Penyebab sembelit ini bukan karena kamu berpuasa juga. Kemungkinannya karena kamu kurang memiliki pengetahuan untuk mengatasi sembelit karena perubahan pola makan saat puasa. Ditambah lagi kamu juga jadi jarang melakukan aktivitas fisik selama berpuasa.

Tetap minum dua liter air dalam sehari di bulan puasa (Foto: Pixabay/rawpixel)

Menurut sebuah penelitian, risiko sembelit meningkat ketika serat yang dikonsumsi kurang dari 15 gram dalam sehari. Sementara jika jumlah air putih yang diminum kurang dari 750 ml (tiga gelas per hari), maka kamu juga berisiko sembelit.

Tenang, mengatasi sembelit itu enggak sulit kok. Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan ialah mencukupi kebutuhan cairan. Caranya dengan minum delapan gelas sehari atau setara dengan dua liter air. Misalnya tiga gelas saat sahur, tiga gelas saat buka puasa, dan dua gelas setelah selesai solat tarawih atau sebelum tidur.

Baca juga:

Rajin Puasa Maka Jiwa Kamu akan Sehat!

Perbanyak mengonsumsi serat saat sahur maupun berbuka untuk mencegah sembelit (Foto: Pixabay/silviarita)

Kemudian, perbanyaklah asupan serat saat sahur maupun berbuka. Asupan serat ini juga bermanfaat banget untuk menahan rasa lapar kamu lebih lama. Lantaran makanan berserat dicerna lebih lambat sehingga menimbulkan rasa kenyang. Anjuran mengonsumsi serat ialah 18 gram per hari.

Terakhir, usahakan untuk melakukan aktivitas fisik ringan walaupun berpuasa. Enggak perlu yang berat-berat. Sebab dengan melakukan aktivitas fisik. Usus kamu dapat bergerak lebih aktif. Sehingga dapat memudahkan proses BAB.

Jika sudah melakukan cara tersebut tapi kamu masih sembelit. Jalan terakhir yang bisa kamu lakukan ialah menggunakan obat pencahar atau laksatif. Namun, jangan digunakan secara berlebihan dan dalam waktu jangka panjang.

Tetap semangat berpuasa di bulan ramadan ya sahabat Merah Putih! (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH