Beautifying Indonesia Weekend, Memajukan Indonesia lewat Grooming

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 11 Maret 2018
Beautifying Indonesia Weekend, Memajukan Indonesia lewat Grooming
Beautifying Indonesia, memajukan Indonesia lewat ilmu grooming. (foto: MP/Dwi Astarini)

PUNYA penampilan yang menarik tentunya bisa menunjang keihdupan sosial hingga pencapaian karier Anda di dunia profesional. Meskipun demikian, penampilan fisik saja tidaklah cukup. Dibutuhkan etika dan inner beauty untuk bisa meraih kesuksesan.

Oleh karena itulah, sebagai manajemen sumber daya profesional, Guru Grooming Yulia F Hartanto membagikan ilmu grooming dalam acara Beautifying Indonesia Weekend with Grooming. Acara tersebut digelar di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Sabtu (10/3).

Pada kesempatan itu, Guru Grooming Yulia F Hartanto membeberkan bahwa grooming tak sekadar mempercantik diri lewat makeup ataupun riasan. Grooming juga mencakup etika, kepatuhan dalam menaati aturan, serta menempatlan diri di dunia profesional.

"Ilmu grooming adalah kemauan dan kemampuan sesuai dengan waktu dan kesempatan. Dengan memahami ilmu grooming, orang akan memacu dirinya untuk jadi lebih baik sehingga otomatis negara kita juga jadi lebih baik," ujar Yulie.

Dengan visi-misi Guru Grooming untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik itulah, Yulie menyebut acara tersebut sengaja digelar berdekatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional dengan tujuan membentuk perempuan menjadi individu yang tak hanya sadar penampilan, tapi juga tahu kualitas diri. Dengan begitu, perempuan dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki sehingga menjadi individu yang penuh percaya diri dengan kepribadian istimewa.

Tak hanya menghadirkan pakar grooming, acara tersebut juga mengundang narasumber yaitu Titiek Puspa, Titi DJ, perempuan entrepreneur Martha Tilaar, serta Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri. Mereka berbagi pengalaman dan juga penerapan grooming dalam kehidupan keseharian mereka.

Seperti artis senior Titiek Puspa yang berbagi pengalamannya tinggal bersama dan membesarkan anak, anak tiri, dan adik-adiknya yang berjumlah sembilan orang.

"Semuanya masih kecil-kecil. Saat itu, mulut saya tak berhenti-berhenti, sembilan anak kelakuan sembilan, berbeda-beda. Jadi saya kumpulkan anak-anak itu. Kepada mereka saya tekankan bahwa untuk tinggal di rumah ini ada aturan, jadi harus ditaati," ujar Titiek.

Artis yang tetap bersemangat di usia 80 tahun tersebut pun membeberkan aturan yang ia berikan kepada anak dan para adiknya. Tidak berbuat memalukan keluarga, menghormati orang lain, punya kesadaran waktu belajar, dan saling terbuka merupakan aturan yang ia terapkan sejak anak-anaknya masih belia.

"Jadi penting untuk mengatur diri untuk tahu waktu. Akhirnya, semua yang tadinya enggak keruan, sekarang bisa mengatur diri sendiri," imbuhnya lagi.

Selain Titiek Puspa, Titi DJ juga menyebut pentingnya grooming di kehidupan sosial sehari-hari.

"Meskipun kesannya muluk ya, karena suka ada rasa pesimistis bahwa orang Indonesia bisa menaati peraturan. Tapi kalau kita semua bisa sedikit demi sedikit menerapkan disiplin, saya yakin bangsa ini bisa maju," ujarnya.

Ia juga menyebut telah menerapkan disiplin taat aturan tersebut di lingkungan keluarga kepada anak-anaknya.

"Saya juga membiasakan anak-anak untuk sopan santun. Seperti mengucapkan salam, minta tolong, atau mengucapkan terima kasih," ujarnya.

Tak hanya berbagi ilmu grooming, ajang Beautifying Indonesia kali ini juga diisi penampilan dari Titi DJ dan Titiek Puspa.

"Jadi ini bisa jadi acara yang ada edukasi juga entertainment-nya lah," ujar Yulie.(dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan