Bea Cukai Sita Batu Kerikil dari Calon Jemaah Haji

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 09 Agustus 2017
Bea Cukai Sita Batu Kerikil dari Calon Jemaah Haji
Petugas memeriksa isi koper jamaah calon haji di Asrama Haji Transit Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (2/8). (ANTARA/Mohamad Hamzah)

MerahPutih.com - Petugas Bea dan Cukai Bandara Juanda, Surabaya menyita batu kerikil seorang calon haji kelompok terbang 38 Embarkasi Surabaya. Rencananya, batu-batu kerikil yang dibungkus plastik itu hendak digunakan untuk melontar jumroh di Tanah Suci.

"Saya bawa kerikil untuk siap-siap jika tidak menemukan kerikil di sana, jadi tidak perlu mencari lagi," kata calon jemaah haji asal Malang, Usman Yasir di Asrama Haji Surabaya, Rabu (9/8).

Batu kerikil itu dikumpulkan dari depan rumahnya, kemudian dibungkus di dalam kantong plastik dan dimasukkan tas bawaannya.

"Ya tidak apa-apa disita, soalnya saya bawa kerikil ini karena tidak tahu. Saya hanya khawatir tidak ada di sana," ucap pria asal Karang Ploso, Malang tersebut.

Wakil Sekretaris I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sutarno Pertowiyono membenarkan petugas menyita batu kerikil milik calon haji dan mengembalikannya ke petugas daerah.

"Sesuai aturan berlaku, apapun barang larangan yang dibawa calon haji disita dan dikembalikan ke petugas daerah untuk selanjutnya diserahkan ke keluarga calon haji yang bersangkutan," katanya.

Sutarno mengaku sudah sering mengimbau kepada petugas di daerah serta kepada para calon haji tidak perlu membawa batu kerikil dari Tanah Air karena sudah tersedia di Tanah Suci.

"Batu untuk melontar jumroh di sana sudah banyak. Jadi tidak perlu khawatir. Kami selalu mengimbau, termasuk saat proses manasik di daerah masing-masing," katanya.

Sebelumnya, petugas juga telah menyita batu kerikil yang dibawa oleh calon haji kloter 36 asal Banyuwangi. Batu kerikil itu dimasukkan ke dalam tas untuk alasan sama. (*)

Sumber: ANTARA

#Calon Jemaah Haji #Embarkasi Haji #Surabaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan