Bea Cukai Gagalkan Penyeludupan 1000 Bal Pakaian Malaysia ke Sumut

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Sabtu, 27 Mei 2017
Bea Cukai Gagalkan Penyeludupan 1000 Bal Pakaian Malaysia ke Sumut
Ilustrasi Bea Cukai gagalkan penyelundupan. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Dua kapal yang diduga membawa seribu bal pakaian bekas asal Malaysia berhasil diamankan petugas bea dan cukai.

"Selain mengamankan kapal, petugas juga mengamankan kedua nahkoda dan awak kapal tersebut,"sebut Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Sumut, Rizal kepada wartawan, Sabtu (27/05).

Dikatakannya, usaha penyeludupan pakaian bekas asal Malaysia tersebut, berhasil dicegah setelah petugas mencurigai kedua kapal yang melintas di perairan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara, pada Sabtu dinihari tadi.

Rizal menambahkan, kapal yang belakangan diketahui KM Bintang Terang Abadi yang dicurigai itu kemudian didekati petugas.

"Kapal tersebut bermuatan sekitar 700 ballpres. Ketika diperintahkan untuk berhenti, kapal itu tetap melaju," ucapnya.

Sekitar 20 menit kemudian, petugas akhirnya dapat memberhentikan kapal itu dan menemukan dua orang berada di kapal. Sementara, 6 orang lainnya terjun ke laut. "Setelah dicari, tiga orang berhasil diselamatkan," ujarnya.

Saat mengawal KM Bintang Terang Abadi, petugas kembali mencurigai satu unit kapal KM Bintang Kejora pada pukul 02.15 WIB.

Setelah dilakukan penindakan, kapal tersebut bermuatan sekitar 300 bal pakaian bekas. "Ketika diperintahkan stop mesin, ditemukan empat orang ABK. ‎Kedua kapal bermuatan ballpres saat ini sedang ditarik ke Belawan untuk proses lebih lanjut. Dalam pemeriksaan, ballpres itu dari Malaysia dan akan dibawa ke Kuala Tanjung," terangnya.(sal)

#Penyelundupan #Polres Pelabuhan Belawan #Kota Medan #Bea Cukai
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan