Headline

Be'ol Cepirit, Becak Listrik yang Siap Mengaspal di Jakarta

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 16 November 2018
Be'ol Cepirit, Becak Listrik yang Siap Mengaspal di Jakarta
Tukang becak di Jakarta. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Kendaraan becak akan segera kembali mengaspal di Jakarta. Bukan becak tradisional tapi becak listrik yang dikenal dengan sebutan Becak Online Cepat dan Irit atau Be'ol Cepirit. Saat ini Be'ol Cepirit sedang dalam uji coba.

Menurut Koordinator Serikat Becak Jakarta (Sebaja) Rasdullah becak listrik "Be'ol Cepirit" tersebut menggunakan tenaga surya dan nantinya dijadikan layanan becak daring.

"Becak itu ada aliran listrik lewat tenaga surya. Alhasil, bukan seperti becak motor," ujar Rasdullah di Jakarta, Kamis (15/11) kemarin.

Rasdullah lebih lanjut mengatakan, tiga dari 60 buah becak listrik yang telah tersedia di tempatnya kini sedang diujicobakan.

Tukang becak
Seorang Tukang Becak sedang melintasi jalan ibu kota. Foto: NET

Becak listrik tersebut merupakan karya dari Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berkoordinasi dengan Sebaja.

Sebagaimana dilansir Antara, ciri khas becak listrik bertenaga surya tersebut adalah menggunakan roda belakang untuk melakukan belokan. Berbeda dengan becak tradisional yang menggunakan roda depan untuk berbelok arah.

Rasdullah pun mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun sudah tidak memperbolehkan lagi beroperasinya becak motor.

Oleh karena itu, keberadaan becak listrik yang kedepannya akan menjadi layanan becak dari "Be'ol Cepirit" bisa diperhitungkan sebagai solusi.

"Sementara untuk becak listrik itu akan ditempatkan langsung di tempat-tempat wisata nantinya. Nah beberapa sedang tahap uji coba dulu," pungkas Rasdullah.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: KPK Dalami Fakta Sidang Soal Peran Sofyan Basir Dalam Suap PLTU Riau-1

#Perda Becak #Tukang Becak #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan