BBM Naik, Biaya Bensin Satu Armada Batik Solo Trans Jadi Rp 57 Juta Per Hari

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 19 September 2022
BBM Naik, Biaya Bensin Satu Armada Batik Solo Trans Jadi Rp 57 Juta Per Hari
Armada angkutan Batik Solo Trans (BST). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai dirasakan operator angkutan Batik Solo Trans (BST) dan Feeder.

Direktur PT Bengawan Solo Trans selaku operator armada angkutan Solo, Sri Sadadmojo mengatakan, kenaikan BBM jenis solar bikin biaya operasional 104 armada yang beroperasi di enam koridor berbeda membengkak.

Baca Juga:

Jokowi Dinilai Temukan Momentum Tepat Naikkan Harga BBM

"Sebelum ada kenaikan harga BBM, total pengeluaran biaya BBM untuk seluruh armada mencapai Rp 32 juta per hari. Setelah ada kenaikan harga BBM, total pengeluaran biaya BBM mencapai Rp 57 juta per hari," kata Sadadmojo, Minggu (18/9).

Ia menjelaskan, setiap satu armada BST membutuhkan 60 liter solar. Dengan kondisi ini, klausul pada kontrak Buy The Service dengan Kemenhub ada sudah mencantumkan penyesuaian.

Penyesuaian yang dimaksud adalah dengan mengurangi jarak tempuh yang dicapai dalam sehari. Untuk kontrak lama tarif buy the service nya Rp 10.000 per kilometer.

"Dari awal memang sudah ada kesepakatan, apalagi BBM itu pengaruhnya pasti gede banget, nanti arahnya seperti apa kita cek Kemenhub," papar dia.

Disinggung soal isu pengurangan subsidi Buy The Service yang diusulkan komisi 5 DPR RI pada 2023 mendatang, pihaknya mengaku belum mendapat arahan. Pihaknya menunggu kepastian pusat.

Project Manager PT Transportasi Global Mandiri yang menjadi operator feeder di Solo, Suyanta mengakui ada kenaikan biaya operasional karena kenaikan harga BBM.

Saat ini ada 100 armada Feeder yang beroperasi di enam koridor berbeda, masing-masing armada memerlukan 25 liter BBM jenis pertalite untuk operasional selama sehari.

"Dengan harga sebelumnya, biaya operasional untuk BBM seluruh armada mencapai Rp 19 juta, dengan kenaikan ini biaya operasional untuk kebutuhan BBM mencapai Rp 25 juta dalam sehari," kata Suyanta. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Kapolda Metro Peringatkan Anak Buahnya Tangani Kemacetan akibat Demo BBM

#Solo #BBM Bersubsidi #Harga BBM #Tarif Angkutan
Bagikan
Bagikan