BB Cream vs Foundation Berikut Pilihan Tepat untuk Kulitmu Pilih alas yang sesuai dengan kulitmu (Sumber: Zic Zag Mania)

KITA hidup di zaman keemasan produk makeup yang begitu berlimpah. Varietas makeup begitu beragam. Ada berbagai produk makeup yang disesuaikan untuk setiap jenis kulit mulai dari kulit berminyak hingga kulit kering. Belum lagi kita dihadapkan oleh finishing akhir beragam seperti finishing matte, dewy atau shimmery. Banyaknya pilihan make-up tak hanya membantu kita tetapi juga bisa menjebak. Salah memilih bisa menyebabkan kulit break out.

Makeup paling mendasar yang sering diaplikasikan oleh para make-up junkie adalah foundation. Namun kini foundation bukan satu-satunya pilihan. Ada berbagai alternatif yang bisa kamu pilih untuk menyesuaikan kondisi kulitmu. Dokter Kulit di New York City, Marina Peredo dan penata rias profesional, Stephanie Flor membaginya dalam tiga kategori paling populer; BB cream, CC cream, dan foundation. Berikut perbedaan mendasar dari ketiga produk tersebut.

1. BB Cream

BB Cream
BB Cream (Sumber: Cruelty-Free Kitty)

BB Cream dianggap sebagai pesaing serius foundation. Riasan ini menawarkan produk all-in-one mulai dari perawatan kulit, riasan wajah, hingga tabir surya. BB cream dipercaya dapat memberikan kelembaban dan menciptakan tekstur yang lebih alami. BB cream sangat ringan sehingga bisa digunakan oleh kamu yang memiliki kulit kemerahan namun tetap ingin kulitmu bernapas. "Produk ini aman digunakan oleh kulit yang rentan berjerawat karena tidak akan membuat sebum terjebak di permukaan kulit," ujar Peredo. BB cream lebih sering digunakan untuk riasan harian dan jarang dipakai untuk make-up profesional. "Coverage yang begitu ringan membuat produk ini tidak tersedia dalam berbagai pilihan warna sehingga menyulitkanmu dengan tone kulit yang cukup unik," jelas Flor.

2. CC Cream

CC Cream
CC Cream (Sumber: Wave for Wellness)

CC cream memiliki formula yang nyaris sama dengan BB cream. Namun, CC cream difokuskan pada koreksi warna karena membantu mengurangi kemerahan atau kegelapan. CC cream juga bisa digunakan untuk menutupi bekas jerawat. Namun, cakupan yang ditawarkan oleh CC cream tidak sekompleks dan seluas BB cream.

3. Foundation

Foundatuon

Foundation (Sumber: Giorgio Armani Beauty)

Foundation menjadi pilihan klasik para penata rias dan pakar kecantikan yang ingin membuat kanvas tanpa cela. "Cakupan warna yang ditawarkan oleh foundation begitu beragam dan bisa disesuaikan dengan berbagai warna kulit," jelas Flor. Jika aktivitasmu membutuhkan mobilitas cukup tinggi dengan rentang waktu cukup panjang, produk riasan yang kamu butuhkan adalah foundation. Hal itu karena foundation cenderung lebih tahan lama dibandingkan dengan BB cream. Foundation juga bisa disesuaikan dengan berbagai tipe kulit mulai dari kulit kering hingga berminyak. "Pilihlah foundation dengan formulasi terbaik dan non comedogenic karena foundatuon rentan menimbulkan jerawat," ucap Peredo.(avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH