K-Pop
Bayaran Fantastis Tujuh Personel BTS untuk Iklankan Produk Bayaran fantastis BTS sebagai model iklan. (Foto PUMA)

TERTARIK menyewa BTS sebagai model iklan? Siapkan pundi-pundi uangmu. Popularitas BTS tengah di atas awan. Selain sukses memecahkan rekor dengan lagu mereka, wajah tampan ketujuh personel semakin sering terlihat di iklan. Meski demikian, menjadikan BTS sebagai brand ambassador bukan perkara murah.

Bagi idola K-Pop, menjadi model untuk sebuah merek bukan lagi hal luar biasa. Namun, beda ceritanya kalau bintangnya ialah BTS. Impak penjualan dan awareness sebuah perusahaan langsung melejit dratis setelah bekerja sama dengan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Ibarat Raja Midas dengan sentuhan tangan emasnya, hal itu juga berlaku untuk semua produk yang dipasarkan BTS. Selalu ludes dalam hitungan hari bahkan jam, baik barang murah nan sepele maupun benda dengan harga selangit.

BACA JUGA:

Jungkook BTS sang 'Sold Out King'

Jauh sebelum BTS memenangkan nomor satu keempatnya di Billboard Hot 100, grup asuhan itu memang sudah membuat berbagai kesepakatan luar biasa dengan berbagai perusahaan. Rasa-rasanya saat ini hampir semua varian produk pernah bekerjasama dengan BTS. Beberapa tahun setelah debut, SK Telecom dan PUMA memilih BTS untuk jadi modelnya. Tidak berhenti di sana, iklan mobil Hyundai juga menampilkan wajah mereka. Begitu pula iklan ponsel Samsung.

BTS
Perusahaan pakaian, makanan, minuman, peralatan rumah tangga banyak mengincar BTS untuk menjadi modelnya. (Foto kloud)

Tidak ketinggalan merek internasional. FILA, Louis Vuitton, dan Coway juga mengincar BTS. Bahkan perusahaan asal Indonesia, Tokopedia, juga berhasil menggandeng septet itu sebagai 'brand ambassador'nya selama dua tahun berturut-turut. Enggak hanya barang, grup asuhan HYBE Labels itu juga sering memasarkan makanan. Mulai dari vitamin, es krim Baskin Robbin, permen karet Xylitol, bir Kloud, Coca-cola, Chilsung Cider, hingga terakhir McDonalds. Lantas, berapa bayaran mereka untuk semua kerjasama ini?

Menurut reporter Kim Jae-heun dari 'The Korea Times', BTS menghasilkan 3 miliar won (Rp 38,4 miliar) hingga 5 miliar won (Rp 64 miliar) untuk setiap merek Korea yang bekerja sama dengan mereka. Biaya itu kemudian melonjak lebih tinggi saat berkolaborasi dengan merek internasional.

Untuk BTS x McDonalds misalnya, BTS dilaporkan menerima 10 miliar won (Rp 128,1 miliar). Chief Marketing Office McD berharap mereka bisa memanfaatkan ARMY yang sangat bersemangat dan setia. Sehingga mereka yakin kemitraan tersebut akan menjadi kesuksesan finansial yang besar.

BTS
Dari kemitraan dengan McDonald's BTS dilaporkan mendapat bayaran 10 miliar won. (Foto McDonald's)

Belum lagi biasanya perusahaan dan pihak agensi akan meluncurkan 'merchandise' hasil kerjasama. Tak lama setelah BTS Meal McD diluncurkan, koleksi produknya pun ikut dijual. Ada kaus kaki seharga USD 12 (Rp 171 ribu) hingga jubah mandi senilai USD 110 (Rp 1,5 juta). Jadi setelah penjualan 'merchandise' dihitung, kemungkinan besar BTS akan menghasilkan puluhan juta dolar hanya dari McDonald's saja. Itu baru satu perusahaan, bagaiaman dengan yang lainnya?

Pada intinya perusahaan yang ingin merekrut BTS sebagai model iklannya harus menyiapkan pundi-pundi uang yang banyak. Namun tak perlu khawatir. Melihat loyalitas ARMY terhadap tujuh idolanya itu, asalkan ada embel-embel BTS, produk apapun pasti akan laku terjual.(sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Penerbit GTA Online Taklukan Penjual Cheat
Fun
Penerbit GTA Online Taklukan Penjual Cheat

Dengan menggunakan menu mod dari Luna Cheats, para pemain GTA Online dapat memasuki mode dewa atau "semi-dewa"

Begini Cara E-Groceries Rebut Pelanggan di Masa Pandemi
Fun
Begini Cara E-Groceries Rebut Pelanggan di Masa Pandemi

Salah satunya mengadopsi lebih banyak metode pembayaran.

Jaga Kondisi Mobil Agar Tetap Prima Saat PPKM
Fun
Jaga Kondisi Mobil Agar Tetap Prima Saat PPKM

Kenali tips merawat mobil agar tetap prima selama masa PPKM Darurat

Kebun Binatang di Ceko Buat Meeting Virtual untuk Primata
Fun
Kebun Binatang di Ceko Buat Meeting Virtual untuk Primata

Dilakukan untuk mengusir rasa bosan monyet dan simpanse di kebun binatang.

Langganan Apple Music Gratis Selama Lima Bulan, Mau?
Fun
Langganan Apple Music Gratis Selama Lima Bulan, Mau?

Perusahaan Apple biasanya hanya menawarkan uji coba gratis Apple Music hingga tiga bulan.

Dangdut, Musik yang Disukai Semua Kalangan di Negeri Aing
Fun
Dangdut, Musik yang Disukai Semua Kalangan di Negeri Aing

DI Negeri Aing, dangdut disukai seluruh kalangan. Sehingga tak heran kalau musik dangdut menjadi favorit dan khas di Negeri Aing

Pengalaman Menyebalkan Idola Kpop dengan Sasaeng
ShowBiz
Pengalaman Menyebalkan Idola Kpop dengan Sasaeng

Sasaeng menjadi masalah tak terselesaikan di industri Kpop.

Nuansa ‘Toko Kelontong’ di New York Fashion Week
Fashion
Nuansa ‘Toko Kelontong’ di New York Fashion Week

Terinspirasi dari gaya berpakaian saat masa PSBB.

Printer Praktis Tanpa Mengurangi Efektivitas
Fun
Printer Praktis Tanpa Mengurangi Efektivitas

Akan segera rilis 15 Maret 2021.

Manfaat Okra untuk Penderita Diabetes
Fun
Manfaat Okra untuk Penderita Diabetes

Berikut ini cara okra membantu mengelola diabetes: