Bawaslu Tentukan Nasib Anies Hari Ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Kasus pose dua jari Anies Baswedan di Konferensi Nasional Gerindra di Sentul, Bogor, Jawa Barat, akan diselesaikan pada Jumat (11/1).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menentukan nasib Anies apakah bersalah atau tidak dalam persoalan ini. Nantinya, pengumuman tersebut akan ditempel di kantor Bawaslu Kabupaten Bogor.

"Tinggal nanti di tempel pengumuman di kantor Bawaslu Bogor karena di laporan di sana," komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar, saat dikonfirmasi wartawan, hari ini.

Sebelumnya, Bawaslu sudah memanggil Anies untuk dimintai keterangan perihal salam dua jari di acara Gerindra. Pemanggilan Gubernur DKI Jakarta itu karena adanya laporan dari Presidium Garda Nasional untuk Rakyat (GNR).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Anies melanggar Pasal 281 ayat (1) yang menyebut bahwa seorang kepala daerah yang ingin berkampanye diwajibkan untuk mengajukan cuti. Bila dinyatakan bersalah, Anies dianggap melanggar Pasal 547 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Anies terancam pidana maksimal 3 tahun penjara. Dalam Pasal 547 UU Pemilu, setiap pejabat yang dengan sengaja melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye dipidana tiga tahun penjara dan denda Rp36 juta.

Diketahui, tersebar video di kalangan wartawan Anies diberi kesempatan berpidato dalam acara konferensi nasional Gerindra, Sentul, Senin (17/12) lalu. Anies yang berpidato dengan memakai batik hitam khas Betawi bermotif Ondel-ondel di acara Gerindra itu secara nyata menunjukkan jari telunjuk dan jempol dihadapan peserta. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH