Bawaslu Telusuri Potensi Pelanggaran Kampanye Gibran Libatkan Anak-Anak di Jakut

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 05 Desember 2023
Bawaslu Telusuri Potensi Pelanggaran Kampanye Gibran Libatkan Anak-Anak di Jakut
Sejumlah anak di bawah usia 17 tahun tampak menyambut kedatangan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka di Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (1/12/2023). ANTARA/Abdu Faisal

MerahPutih.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka diduga melakukan pelanggaran saat kampanye di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara pada Jumat (1/12) lalu.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta tengah mendalami dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Gibran dengan melibatkan anak-anak.

"Bawaslu Jakarta Utara sedang melakukan kajian terhadap perihal perkara tersebut," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Benny Sabdo di Jakarta, Selasa (5/12).

Baca Juga:

Bawaslu Respons Soal Beredarnya Tabloid Indonesia Maju Prabowo-Gibran

Benny menegaskan, Bawaslu DKI Jakarta akan menindak tegas dengan memberikan sanksi sesuai aturan bila cawapres Gibran benar melanggar.

"Jika aktivitas kampanye Gibran tersebut terbukti melibatkan anak-anak, maka kita akan memberikan sanksi yang tegas," urainya.

Berdasarkan Pasal 280 ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu dengan tegas melarang aktivitas kampanye yang melibatkan anak-anak.

"Pasal 15 huruf a UU 23/2002 Tentang Perlindungan Anak menyatakan, tidak boleh ada penyalahgunaan anak-anak untuk kegiatan politik," ucapnya.

Baca Juga:

Gibran Persilakan Bawaslu Telusuri Pelanggaran saat Bagi-Bagi Susu di CFD

Sebelumnya diketahui, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melakukan kampanye di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara pada Jumat (1/12) lalu.

Di momen sosialisasi itu, Wali Kota Surakarta tersebut sempat meminta anak-anak untuk naik ke atas panggung.

Saat itu, Gibran mengisi kampanyenya dengan membagikan buku dan susu bagi anak-anak.

"Anak-anak ke panggung, sini saya bagikan buku. Susunya nanti juga dibagikan," ucap Gibran. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: KPU dan MK Coret Gibran dari Cawapres Prabowo

#Gibran Rakabuming #Bawaslu #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan