Bawaslu Tangani 25 Kasus Politik Uang Selama Masa Tenang Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menangani 25 kasus politik uang di masa tenang Pemilu 2019. Selain itu, mereka menangkap tangan peserta pemilu dan tim pemenangan yang diduga sedang memberi uang kepada masyarakat.

"Total terdapat 25 kasus di 25 kabupaten atau kota yang tertangkap tangan hingga Selasa 16 April," ujar Ketua Bawaslu Putra Afifudin, Selasa (16/4)

Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin
Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin. Foto: MP/Asropih

Afif melanjutkan, kasus itu tersebar di 13 provinsi di seluruh Indonesia. Adapun provinsi tersebut yakni, Provinsi Aceh, Bengkulu, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Provinai Papua.

"Provinsi dengan tangkapan terbanyak adalah Jawa Barat dan Sumatera Utara dengan kasus sebanyak lima kasus," tutur dia.

Menurut dia, penangkapan dilakukan atas koordinasi pengawas pemilu bersama dengan pihak kepolisiaan.

Barang bukti yang ditemukan beragam jenisnya, mulai dari uang, deterjen, hingga sembako. Temuan uang paling banyak didapat di Kecamatan Tigabinanga, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah uang Rp 190 juta.

"Lokasi praktik politik uang yang ditemukan di antaranya di rumah penduduk dan di tempat keramaian seperti di pusat perbelanjaan," jelasnya.

Uang
Ilustrasi uang

Afif menjelaskan, kegiatan dilakukan dengan berbagai metode pengawasan, seperti mengelilingi kampung mengkampanyekan tolak politik uang kepada masyarakat. Kegiatan inidimaksudkan sebagai bentuk pencegahan Bawaslu kepada peserta pemilu dan pemilih.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum 278 ayat 2 mengatur, selama masa tenang, pelaksana, peserta, dan/atau tim kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dilarang menjanjikan atau memberikan imbalan kepada pemilih. (Asp).

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH