Bawaslu Solo Temukan Caleg Bagikan Roti dan Stiker di Masa Tenang Komisioner Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu kota Solo, Poppy Kusuma (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Badan Pemgawas Pemilu (Bawaslu) Solo menemukan roti dan stiker bergambar serta nomor urut caleg DPRD Solo Dapil I Laweyan yang dibagikan pada warga saat hari tenang Pemilu 2019, Minggu, (14/4). Barang bukti tersebut saat ini diamankan Bawaslu Solo.

"Kami juga menemukan ada selembar kertas warna putih berisikan terkait kertas berisikan ucapan mohon dukungan. Temuan itu kita jadikan barang bukti," ujar Komisioner Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu kota Solo, Poppy Kusuma pada merahputih.com, Selasa (16/4).

Roti dan stiker dibagikan pada warga pada haru Minggu siang. Terbongkarnya temuan ini bermula dari laporan warga yang melapor ke Petugas Pengawas Lapangan (PPL) Pajang dan diteruskan ke Panwascam Laweyan.

Barang bukti yang dibagikan caleg DPRD Solo Dapil I
Barang bukti money politik yang diamankan Bawaslu Solo, Selasa (16/4). (MP/Ismail)

"Kita langsung investigasi di lapangan dengan memintai keterangan dua orang saksi penerima bingkisan. Hasilnya barang bukti itu kita temukan dan langsung kita sita," kata dia.

Kasus ini, lanjut dia, sudah masuk dalam dugaan money politics Pemilu 2019. Bawaslu memiliki waktu selama tujuh hari untuk melengkapi berkas acara. Selanjutnya akan dibawa ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Hasil pengembangan kasus ini, bingkisan roti dan stiker caleg ini sebar di dua kelurahan, yakni Karangasem dan Pajang. Pelaku money politics dijerat dengan pasal 532 UU No. 7 tahun 2017.

"Apabila nanti terbukti bersalah kita bawa kasus ini ke sentra Gakkumdu dan pencalonannya bisa dianulir. Kita dalam waktu dekat akan gelar rapat internal untuk memutuskan kasus ini," tandas Poppy Kusuma.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH