Bawaslu Solo Awasi Ketat Verifikasi Faktual Calon Independen Pilwalkot Solo 2020 Petugas Bawaslu Solo, Jawa Tengah mengawasi KPU Solo yang melakukan verfak syarat dukungan calon independen di Pilwakot Solo, Minggu (28/6). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo, Jawa Tengah mulai melakukan pengawasan di lapangan terhadap ratusan petugas verifikator Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, yang bertugas melakukan verifikasi faktual (verfak) syarat dukungangan bakal calon independen di Pilwalkot Solo 2020, Minggu (28/6).

Proses pengawasan dengan cara door to door mendatangi rumah warga secara acak dengan dilengkapi alat pelindung diri (APD).

Baca Juga

Sri Mulyani Ditantang Jagoan Tiga Partai Koalisi di Pilkada Klaten

Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono, mengatalan di Solo terdapat satu pasangan bakal cawali dan cawawali yang maju dari jalur independen, Bagio Wahyono- FX Suparjo (Bajo). Pasangan dari independen ini telah menyerahkan foto copy KTP dan surat pernyataan dukungan atau formulir B1.

"KPU melakukan verfak syarat dukungangan tersebut untuk memastikan dukungan ini benar atau tidak. Kami melakukan pengawasan terhadap petugas KPU saat keliling mendatangi rumah warga," ujar Budi pada MerahPutih.com.

Ketua Bawaslu Solo, Jawa Tengah, Budi Wahyono. (MP/Ismail)
Ketua Bawaslu Solo, Jawa Tengah, Budi Wahyono. (MP/Ismail)

Ia mengatakan verfak dilakukan mulai tanggal 24 Juni sampai tanggal 18 Juli. Sebelum terjun kelapangan petugas verifikator diberikan bimbingan teknis terlebih dulu mulai tanggal 24-25 Juni.

"Hari ini (Minggu) verfak di lapangan dengan cara door to door dimulai serentak di 54 kelurahan tersebar di lima kecamatan di Solo," kata dia.

Pengawasan proses verfak, lanjut Budi, diatur dalam PKPU Nnomor 5/2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada Serentak 2020. Pengawasan verfak bertujuan untuk memastikan kebenaran data pendukung mulai dari kesesuaian nama, alamat , NIK dan surat dukungan.

"Selama proses pengawasan kami terapkan protokol kesehatan COVID-19 terhadap semua anggota Bawaslu. Dianyaranya memakai masker, face Shield, sarung tangan dan hand sanitizer," papar dia.

Baca Juga

Kader PDIP Solo Belot Dukung Gibran, FX Rudy: Mereka Pengurus Tidak Aktif, Biarin Saja

Komisioner Bawaslu Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Muh Muttaqin, menambahkan total ada sebanyak 35.142 dukungan milik pasangan Bajo yang dilakukan verfak. Data sebanyak itu harus dipastikan kebenarannya.

"Hasil verfak ini yang menentukan lolos atau tidaknya pasangan independen, Bajo maju di Pilwkot Solo," pungkas Muttaqin. (Ismail/Solo)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH